29.4.18

Psikologi Berbagi#Kelurahan Klitren

Kaum Muda Yang Potensial
Ningnurani ( 16.310.1146 ) Fak : Psikologi UP 45 Yogyakarta
Psikologi Berbagi yang merupakan agenda rutin dari fakultas Psikologi pada kesempatan kali ini berbeda dengan biasanya. Kalau biasanya kita melakukannya di sekolah- sekolah menengah tinggi, bagi angkatan 2016 sudah merupakan hal yang biasa. Tetapi sangat terasa berbeda ketika hal ini dilakukan dengan sebuah Instansi dan mengundang para kawula muda di wilayah tersebut.

Karena kalau biasanya kita sudah di siapkan audience saat acara berlangsung, ini tidak berlaku lagi. Karena kami harus mencari dan memastikan audience yang akan mengahadiri acara Psikologi Berbagi ini dengan mendatangi setiap Rw dan wilayah yang ada di Kelurahan Klitren, juga harus bisa mengembangkan soft skill agar apa yang kami sampaikan di pahami dan di amini oleh orang-orang dan lingkungan baru yang benar-benar tidak kita kenal dan ketahui siapa meraeka dan bagaimana mereka. Pada kesempatan kali ini kami mengambil tema " Kaum Muda Yang Potensial ".

Pemuda adalah usia 14 sampai 30 tahun yang mengalami perubahan fisik dan psikis. Pemuda juga disebut sebagai sosok yang dinamis,  optimis, dan bergejolak namun sangat labil secara emosional. 

Sedangkan "Potensial" adalah  kemampuan dan kekuatan diri yang bisa terus dikembangan menjadi yang lebih baik. 

Jadi yang dimaksud Pemuda yang Potensial adalah " Sosok yang dinamis,  optimis serta penuh gejolak yang selalu ingin mengembangkan semua kemampuan seoptimal mungkin untuk mencapai masa depan yang lebih baik ".

Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mengaplikasikan ilmu yang telah kami dapatkan dan sebagai persembahan untuk selalu berbagi dengan lingkungan serta sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat.

Bertempat di balai pertemuan Kelurahan Klitren,  Kecamatan Gondokusuman,  Yogyakarta 55222. Yang di hadiri kurang lebih seratusan peserta dari karang taruna dan pemuda pemudi dari rw 01 -16.

Pada kesempatan ini psikologi berbagi yang kami lakukan dikemas dengan ceramah  interaktif. Yang dihadiri oleh Bp. Anggit Syafrudin ( Lurah Klitren), Bp.  Adreas.S ( Babinkamtibmas Kec. Gondokusuman ), Bp. Suwarto Hadi (ketua LPMK Kelurahan Klitren), Nur Rohman ( perwakilan ketua karang taruna Kelurahan Klitren) .

Acara dimulai pada pukul 19.30 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang  di pandu oleh Mc. Wardana dan Fahrunisa Yenni. Dilanjutkan sambutan ketua panitia ( Ningnurani)  dan sambutan dari Bp.  Lurah Klitren, sekaligus penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa psikologi kepada pihak Kelurahan Klitren. 

Sebelum pemberian materi, ada sesi ice breaking yang dipandu oleh MC dan pemberian doorprise yang di sponsori oleh Food Court "Kedai Janji Jhony" kepada para  peserta. 

Sambutan yang antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kepada pemateri yaitu Adi Nugraha ( owner Wasi Catering yang sekaligus mahasiswa fakultas psikologi UP 45)  dan Ningnurani ( Guru, pemilik Djee Colection,  dan juga mahasiswi UP 45 ).

"Apa yang menghambat pemuda untuk bisa menjadi potensial". Itu adalah salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh Rahmadi, salah seorang pemuda dari rw 09.

Penghambat untuk potensial adalah rasa malas,  tidak percaya diri,  terlalu cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai, tidak mau belajar dari kegagalan serta adanya faktor heriditas dan lingkungan. 

Acara berakhir pada pukul 21.30 dengan disampaikannya pesan dan kesan dari Bp.  Andreas yang mengatakan " Terimakasih kepada fakultas psikologi UP 45 Yogyakarta atas acara seperti ini,  karena selama saya menjabat sebagai Babinkamtibmas Kec. Gondokusuman baru pada kesempatan ini saya bisa bertemu dengan para pemuda pemudi di wilayah kerja saya.  Semoga kedepannya acara seperti ini akan berkesinambungan, dan bisa berbagi dengan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan kaum muda".

Ucapan Terimakasih Kepada :
1. Tuhan Yang Maha Esa
2. Ir.  Bambang Irjanto,  Rektor UP 45
3. Dra.  Muslimah Zahro R,  Dekan UP 45
4. Ib.  Dewi Handayani,  warek II UP 45
5.Ib.  Arundhati Shinta, Dosen Fak. Psikologi
6. Bp. Wahyu W, Dosen Fak. Psikologi 
7. Bapak/Ibu Dosen Fak. Psikologi
8. Bapak/Ibu staff dan Karyawan UP 45
9. Ib.  Nonik, owner dan sponsor dari Kedai Janji Jhonny
10. Bp. Anggit S. Amd,  Lurah Klitren
11. Bp. Andreas. S. SH,  Babinkamtibmas Kec. Gondokusuman
12. Bp. Drs. Suwarto H, Ketua LPMK Kel. Klitren
13. Nur Rohman,  Wakil ketua Karang Taruna Kel. Klitren
14. Bp. Panut, Sekertaris Kel. Klitren
15. Kawula muda Rw 01 -16 Kel. Klitren
16. Teman-teman kelas B angkatan 2016
17. Adik tingkat dan kakak-kakak tingkat semua Fak. Psikologi.

Breefing sebelum acara dimulai
Sambutan dari Bp. Lurah Klitren

Pemberian kenang-kenangan dari Fak. Psikologi kepada Kelurahan



Perkenalan dari tim Psikologi Berbagi

Pembagian Door price yang di sponsori oleh " Kedai Janji Jhonny"

Pemberian materi oleh pemateri

Sesi tanya Jawab

Ice breaking yang diberikan oleh MC

Bp. Andreas S.SH ( Babinkamtibmas )


Foto bersama dengan sebagian peserta


0 comments:

Post a Comment