11.4.18

PSIKOLOGI BERBAGI : BEKALI REMAJA DENGAN PERGAULAN YANG SEHAT


PSIKOLOGI BERBAGI :
BEKALI REMAJA DENGAN PERGAULAN YANG SEHAT

Deliana Vicria Nurachyani
153104101096

Pagi yang sangat cerah diwarnai keceriaan para siswa SMK N 1 Purwosari yang menyambut dengan antusias kehadiran tim Psikologi Berbagi Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. “Kegiatan yang bertema Pergaulan Remaja yang Sehat merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa dan juga bagi kami sebagai mahassiswa untuk mengaplikasikan dan berbagi ilmu psikologi terhadap para siswa.”, jelas Wartono selaku ketua tim pada hari Senin tanggal 9 April 2018.


                 1.Poster acara Psikologi Berbagi

Mengapa kita memillih
tema acara dengan Pergaulan Remaja yang Sehat?
Siswa merupakan remaja yang berumur kisaran 15-18 tahun yang perlu di berikan pembekalan mengenai pergaulan yang sehat. Remaja mengalami fase transisi dari fase anak-anak menuju fase dewasa awal. Dibutuhkan perhatian serta pendampingan agar remaja mampu melakukan pergaulan yang sehat. Acara yang begitu meriah dan dihadiri para siswa yang memenuhi aula SMK N 1 Purwosari di Jl. Panggang Parang Tritis, Giripurwo, Purwosari, Gunung Kidul, DIY.


Apa saja rangkaian acara Psikologi Berbagi kali ini?
Kegiatan Psikologi Berbagi ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB yang di hadiri oleh Bapak H. Ruslan, S.Pd.,M.M.Pd., sebagai Kepala Sekolah, beserta perwakilan para guru SMKN 1 Purwosari. ”Kami berterima kasih atas kehadiran Fakultas Psikologi UP45 di Sekolah kami. Semoga acara psikologi seperti ini bukan hanya sekali dan yang terakhir kali. Kami berharap kerjasama SMK N 1 Purwosari dengan fakultas Psikologi UP45 dapat trus berlanjut”, ungkap Bapak Ruslan dalam kata sambutan membuka acara.
Praktik memberikan pembimbingan kepada siswa di SMA yang di kemas dalam acara Psikologi Berbagi di harapkan mampu memberi manfaat kepada mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar serta sebagai media berbagi ilmu kepada masyarakat”, demikian dijelaskan Bapak Wahyu Widiantoro selaku Dosen pembimbing dalam kegiatan tersebut.
Setelah Bapak Kepala Sekolah memberikan sambutannya, kehangatan acara pun mulai terasa dan semakin meriah ketika sang pembawa acara mulai beraksi dengan keluwesan oleh Irnaningsih yang membuat siswa tertawa tanpa beban. Mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yang dengan luwes menyajikan materi tentang pergaulan sehat bagi remaja yaitu Aziz Nur Huda, Deliana Vicria Nurachyani dan Ahmad Mutamakin. Acara semakin menarik bagi para siswa yang dengan penuh antusias mengikutinya karena disajikan game psikologi oleh Husna dan dihibur oleh suara merdu Shofi Malhani yang tak lepas dari sorotan kamera Riand Purwadinata. ”Ternyata menyampaikan materi di depan para siswa yang sangat antusias cukup menyerap energi namun menjadi sebuah tantangan dan kelegaan”, demikian diungkapkan oleh Aziz.

2. Pemberian Kenangan-kenagan kepada
 pihak sekolah.

3. pemberian materi oleh Aziz Nur Huda

Bagaimana tanggapan Siswa SMKN 1 Purwosari terselenggarakannya acara Psikologi Berbagi ini?
Terima kasih atas acara bersama dengan kakak-kakak Psikologi, saya menjadi tahu apa yang harus dilakukan agar mampu bergaul dengan sehat”, ungkap Ergi Septiawan. Sedangkan Ema mengungkapkan bahwa telah berpacaran dengan teman satu sekolah. Apakah hal tersebut sehat? Berbeda dengan Fitri yang mengungkapkan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri ketika berbicara di depan umum.
Pada umumnya remaja mengalami berbagai kesulitan dan masalah dalam melakukan penyesuaian diri terhadap dirinya dan lingkungan pergaulannya. Remaja diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan biologis, kognitif dan sosial emosional yang terjadi pada masa puber sehingga remaja mencapai kepuasan terhadap diri dan menjalankan pergaulan yang sehat”, pungkas Bapak Wahyu.
Demikianlah betapa menariknya acara Psikologi Berbagi yang banyak memberikan manfaat dan hal positif yang di dapat dari acara tersebut, semoga ke depannya selalu terlaksanakan oleh adik-adik tingkat kami di Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.
 Janganlah takut untuk berbagi ilmu yang telah engkau dapatkan. Cobalah merasakan sendiri setelah melaksanakan acara tersebut, kami telah melakukan kegiatan di beberapa kunjungan sekolah dan merasakan sendiri manfaat yang begitu besar dan positif yang telah kami dapat.

4. Antusias siswa dalam mengikuti acara psikologi Berbagi


5. Sesi foto bersama dengan para siswa SMKN 1 purwosari

Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Ruslan, S.Pd.,M.M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK 1 Purwosari yang telah memberikan ijin dan juga sambutan hangat untuk melaksanakan acara Psikologi Berbagi.
Terimakasih kepada Bapak Ir. Bambang Irjanto, MBA, Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan juga Ibu Dra. Muslimah Zahro Romas, M.si., Dekan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang telah memberikan ijin dan dukungan kepada kami sehingga dapat melaksanakan acara Psikologi Berbagi ini dengan lancar.
Terima kasih kepada Dosen Pembimbing dalam acara Psikologi Berbagi yaitu Bapak Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi, MA.,  yang dengan sabarnya membimbing kami dalam acara Psikologi Berbagi .
Terimakasih kepada teman-teman panitia Psikologi Berbagi atas kerjasama dan kekompakan kalian sehingga acara tersebut puji syukur dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

0 comments:

Post a Comment