15.4.18

Perkembangan Kepribadian


Nama : Rio Wahyu Nugroho
NIM : 17.310.410.1166
Fakultas : Psikologi

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN
        Dalam perkembangan tingkah laku seorang manusia tak lepas dari perkembangan juga, seperti halnya yang akan saya bahas kali ini adalah tentang perkembangan kepribadian. Sebelum menjelaskan mengapa saya tertarik pada bab ini, karena saya ingin mengetahui perkembangan kepribadian seseorang dan khususnya saya sendiri.
Istilah kepribadian (personality) berasal dari kata latin PERSONA yang berarti topeng. Dalam kepribadian juga tak lepas dari unsur utama pola kepribadian unsur tersebut adalah konsep diri dan sifat-sifat. Tentang kepribadian setiap individu tentunya berbeda-beda meskipun mereka kembar seperti halnya karakter yang setiap individu berbeda.
Setiap individu memang memiliki kepribadian yang berbeda-beda ,perbedaan itu tak lepas dari kondisi lingkungan sosial dan bawaan dari orang tua. Tapi berapa besarnya pengaruh kondisi ini pada kepribadian akan tergantung pada kemampuan individu untuk mengerti pentingnya tersebut, karena akan berkaitan dengan dirinya.
Adapun contoh kasus seperti halnya seorang anak yang semula tidak nakal dan dia pindah disuatu lingkungan yang teman-teman ataupun tetangga yang kurang baik ntentunya si anak itu terbiasa dengan lingkungan tersebut tentunya anak tersebut anak tersebut akan terpengaruh.
Dari kutipan atau artikel diatas kita dapat ambil kesimpulan bahwa perkembangan kepribadian tidak mutlak dari lingkungan sekitar. Kepribadian seseorang tergantung dari masing-masing individu yang bisa mengatur atau mengerti akan pentingnya kepribadian baik untuk dirinya.
Sumber: Hurlock., Elizabeth B., B (1993). Perkembangan Anak, Penerbit Erlangga, Jakarta Hal 235-260

0 comments:

Post a Comment