15.4.18

Perilaku Moral


Nama  : Rio Wahyu Nugroho
NIM    : 17.310.410.1166
Fakultas  : Psikologi
PERILAKU MORAL
Perilaku moral? Apa sih yang dimaksud dari perilaku moral? Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang perilaku moral. Saya tertarik pada bab ini karena agar untuk memperbaiki moral dan khususnya saya sendiri agar lebih baik dari yang sebelumnya dan mengetahui apa itu yang dimaksud tentang arti moral.
Moralitas adalah salah satu karakteristik penting pada diri manusia sebagai makhluk sosial. Ada pula prisip-prinsip moral yang di anut oleh masyarakat. Yang biasanya di anut oleh manusia  meliputi nilai-nilai norma, keutamaan (virtue), praktik, institusi, teknologi dan mekanisme lainnya (Haidt.2008). prinsip moral juga mengalami perluasan dan tidak lagi terbatas pada prinsip keadilan atau kepedulian. Tentang suatu prinsip tentunya pasti ada faktor-faktornya yang mempengaruhi moral seperti kognitif, emosi, kepribadian, situsional.
Ada pula contoh dari moral yang sempat jabarkan diatas, contohnya tidak terdapat adanya unsur pemaksaan suatu agama tertentu kepada orang lain ,dengan demikian masyarakat dan bangsa indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. Inilah contoh dari moral yang diperluas.
Adapun yang bisa kita ambil kesimpulan dari artikel diatas adalah kita sebagai makhluk sosial kita harus bisa melakukan moral yang baik dan jangan mudah menilai seseorang dengan mdah seperti buruk atau tidaknya seseorang, belum tentu kita bisa lebih baik dari dia.
Sumber : Abdul Rohman., Agus  ., B (2013). Psikologi Sosial, Penerbit PT Grafindo Persada, Jakarta

0 comments:

Post a Comment