11.4.18

PENTINGNYA MOTIVASI POSITIF
        Nama: RR Erlin Setyati
        NIM   : 17.310.410.1173


Motif adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Atau seperti dikatakan oleh Sartain dalam bukunya Phsychology Understanding of Human Behavior, bahwa motif adalah suatu pernyataan yang kompleks didalam suatu organisasi yang mengarahkan atau merangsang untuk perbuatan kesuatu tujuan. Hal – hal yang mempengaruhi motif tersebut kemudian diistilahkan dengan motivasi. Meskipun motivasi ada yang positif dan negatif, motivasi positiflah yang harus dikembangkan. Motivasi positif menjadi dorongan dari dalam diri untuk melakukan sesuatu guna mencapai suatu tujuan yang lebih baik.

Dalam dunia pendidikan formal, motivasi belajar siswa berperang penting dalam kelancaran dan tercapainya tujuan pendidikan. Motivasi adalah syarat mutlak untuk belajar.  Motivasi juga perlu selalu ditumbuhkan oleh guru dan pihak sekolah. Hasil ujian yang baik, sering kali diraih oleh siswa yang tidak begitu cerdas tetapi memiliki semangat dan motivasi yang tinggi. Banyak bakat anak tidak berkembang karena tidak diperolehnya motivasi yang tepat. Bakat menyanyi yang baik, namun bila tidak mendapat dorongan untuk berprestasi, akhirnya bakat itu menjadi tidak berkembang. Tentu saja ketertarikan pada suatu bidang kegiatan atau mata pelajaran tertentu, dibidang itulah siswa akan memiliki motivasi yang tinggi untuk menunjukkan kemampuannya.
Dibutuhkan lingkungan yang mendukung untuk makin kuatnya motivasi siswa dalam meraih cita – cita dalam pendidikan. Motivasi diri yang kuat adalah benteng siswa dalam mengatasi pengaruh negatif sekelilingnya, sehingga pengaruh – pengaruh negatif tidak membelokkan usaha siswa untuk meraih tujuan positif pada masadepannya.
                                                                                         
Daftar Pustaka

Drs.M.Ngalim Purwanto, MP (2017), Psikologi Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

0 comments:

Post a Comment