9.4.18

PENGARUH PERUBAHAN PADA HUBUNGAN KELUARGA



PENGARUH PERUBAHAN PADA
 HUBUNGAN KELUARGA
NAMA                                  : Nico Hari Al Araafi
NIM                                       : 17.310.410.1165
MATA KULIAH                   : Psikologi Umum II
                Kalian semua tentunya sudah pada tau lah mengapa saya mengambil tema tentang hubungan keluarga. Say mengambil tema hubungan keluarga karena suatu saat kita akan berkeluarga. Maka dari itu saya mengambil tema tersebut, agar bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Tetapi tema ini diambil dari hubungan keluarga Amerika.
                Perubahan dalam pola kehidupan keluarga tidak dapat tidak membawa perubahan dalam hubungan antara anggota keluarga. Akibat tempo perubahan yang cepat anak masa kini mempunyai banyak pengalaman yang belum pernah dirasakan oleh orang tuanya, sehingga orang tua tidak mau mengerti. Orang tua yang muda umumnya mengerti anaknya lebih baik, dibandingkan orang tua yang berusia lebih tua. Sebab semakin kecil kesenjangan usia antara orang tua dan anak, semakin kecil perubahan yang telah terjadi dalam nilai budaya dan pola kehidupan.
                Televisi mengajarkan anak lebih banyak mengenai berbagai hal sehingga mereka mengetahui jauh lebih banyak dari orang tua pada usia sama. Anak belajar dari televisi misalnya orang lain hidup. Ini sering membuat mereka kritis terhadap orang tua dan pola kehidupan keluarga. Berbeda sekali dengan pola pendidikan anak yang sinabung dalam budaya yang mempersiapkan anak untuk peran dewasa dengan pengalaman belajar yang sederhana yang ditingkatkan menjadi pengalaman belajar yang lebih rumit sejalan dengan bertambahnya usia anak.
                Kebanyakan di Amerika mendidik anak dengan hukuman-hukuman, ketika sianak melakukan kesalahan sianak dibawa ke pojokan kamar. Ketika si anak menangis ibunya membiarkan saja, setelah 10 menit anak berhenti menangis dan ibunya menghampiri dan menanyakan kesalahannya dan tidak lupa mencium sianak tersebut.
                Perubahan pola tradisional Amerika telah menghasilkan perubahan nyata dalam hubungan keluarga bagi seluruh anggota keluarga. Apapun perubahan pola keluarga amerika, semua jenis keluarga memegang peranan penting dalam perkembangan anak, walaupun pengaruh berbagai anggota keluarga beragam sebagaimana usia anak juga beragam.

Sumber: Hurlock., Elizabeth B., B (1993). Perkembangan Anak, Penerbit Erlangga, Jakarta Hal 200-214

0 comments:

Post a Comment