20.4.18

Pengangkutan Sampah di Kolong Tol Bisa Dipercepat Lewat Waduk


Pengangkutan Sampah di Kolong Tol Bisa Dipercepat Lewat Waduk
Nama : Suci Indah Permata Sari

Nim : 163104101137
psikologi lingkungan


Penyelesaian pembersihan sampah dari kolong Tol Pelabuhan, Papanggo, Jakarta Utara, diperkirakan dapat dipercepat menjadi beberapa minggu saja. Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ali Maulana mengatakan, upaya itu dilakukan dengan cara memotong jalur pengangkutan sampah melalui Waduk Cincin untuk menghemat waktu. "Kita akan percepatan mungkin nanti kita potong melalui lewat waduk cincin ini. Waduk cincin akan kita taruh alat nanti semacam ponton apung, sehingga mempercepat proses pengangkutannya," kata Ali, kepada wartawan, Jumat (20/4/2018).

Tiga hari terakhir, pengangkutan sampah dari kolong tol dilakukan melalui permukiman warga menggunakan gerobak motor. Padahal, tempat pembuangan hanya berjarak beberapa puluh meter dari lokasi tumpukan sampah. Namun, terkendala akses jalan yang terpotong oleh Waduk Cincin. Ali memprediksi, proses pembersihan bisa selesai di bawah satu bulan bila pengangkutan dilakukan melalui Waduk Cincin. "Kalau nanti kita potong lewat waduk ini, kita coba mungkin bisa mempercepat ya, bisa lebih cepat seminggu lebih cepat ya, enggak sampai sebulan bisa kita habisin semua," ujar Ali.

Ali juga berencana, menurunkan sejumlah alat berat untuk mempercepat proses pembersihan sampah. "Kalau bisa kita dorong alat-alat kecil kita, alat berat yang kecil bisa masuk ke kolong akan kita mainkan, bisa mempercepat lagi," kata Ali. Sebelumnya, hamparan sampah ditemukan di kolong Tol Pelabuhan tepatnya di Gang 23, Jalan Warakas I, Papanggo, Jakarta Utara. Saat ini, hamparan sampah tersebut telah mulai dibersihkan dan ditargetkan dapat selesai dalam satu bulan ke depan. 

kesimpulan : dengan begini warga bisa mengerti bahwa sebenarnya membuang sampah sudah dianjurkan untuk ketempat yang sudah ada atau yg sudah disediakan. karena kalau tidak itu semua juga bisa merugikan diri sendiri soal kesehatan. dan pelaksaan yang dibuat oleh wakil kepala dinas sangat baik karena perduli dengan daerah lingkungan sekitar. 

sumber : kompas.com, 20 April 2018.

0 comments:

Post a Comment