27.4.18

PEMBANGUNANAN YANG MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN


                       
   PEMBANGUNANAN YANG MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
PSIKOLOGI   
Pemerintah (Daerah Istimewa Yogyakarta) DIY Tengah melakukan penatan semi Pendistrian Malioboro, penatan jalur pendestrian meliputi jalur pejalan kakai sisi Timur dan Jalur Lambat sisi Barat serta sebagian jalan margo utmo.   
     Penataan jalur pendeestrian dijalan margo utomo di lakukan dengan menanam pohon Gayam dan Pohon Asam seagai tanaman perindang nantinaya. Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan   Sumberdaya Mineral (PUPESDM) DIY Muhamad Nansiar mengatakan Meskipun sudah ada beerapa tanaman diJlan Margo Utomo Masih di pertahankan, apabila tanaman apa bila tanaman ganyam dan Asam sudah tumbuh dan menjadi perindang maka tanaman seklain kedua iti akan di tebang.
 “Baru sebatas penanaman pohon saja, belum asuk penataan kawasan semi penditrian. Sumbu filosofi itu identik dengan Tanaaan Ganyam dan Asam termasuk di jalan Margo Utomo  hingga ked kawasan Malioboro” kata Mansur di kompleks Kepatihan,senin (16/4). Mansur mengatakan tanaan yang berada di jalan margo utomo merupakan aset Pemerintah Kota ( pemkot ) Yogyakarta yang sudah di kembalikan. Apabila pemkot ingin memindahakan tanaman miliknya di persilahkan agar dapat di ana lagi di tempat lain.
     Ketua Dewan Kebudayaan DIY, Djoko Dwiyanto mengungkapkan, adanya penanaman pohon asam dan ganyam selain menjadikan suasana di jalan margo utommo menjadi nyaman , juga isa menambah ruang terbuka hijau. Hal itu peting , karena keberadan ruang publik dan ruang terbuka hijau d DIY sapai saa ini asaih terbatas.
  Pembangan sejatnya bertujuan baik  bagi masyarakat, namun pembangunan juga dapat  berdampak buruk pada lingkungan jika pebangunan tersebut tidak memperhatikan lingkungan dari pembangunan. Pembangunan harus memperhatikan lingkungan serta meminimalisir kerusakan lingkungan yang di timbulkan seperti penebangan pohon di sisi sekitar jalan untuk pelebaran atau di ganti dengan jenis pohon lain. Sebisa munngkin pohon yang akandi ganti atau di tebang bisa di pindahkan dan di tanan di tempta lain mengingat penganian pohon juga biuth waktu untuk tumbuh besar. Peinahan pohon terdapak pebangunan juga bisa menambah ruang terbuka hiaju untuk masyarakat ketibangg harus ditebang begitu saja.
Suber. Kedaulatan rakyat
Hari. Selasa 17/4/2018
Judul: jalan margo utomo di tanami  ganyam-asam, bagian penatan pendestria semi malioboro.
Penulis: (Ira/Ria)-m.

0 comments:

Post a Comment