25.4.18

Mahasiswa Berbagi Cara Cerdas Hadapi Stres

MAHASISWA BERBAGI CARA CERDAS HADAPI STRES

Oleh:

Ana Istiqomah
163104101126


Pemaparan materi

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan sebuah acara berbagi dengan tema “Generasi Milenial Cerdas Hadapi Stres. Tujuan acara ini untuk berbagi tips kepada para remaja agar cerdas dalam menghadapi stres. Acara diikuti oleh siswa kelas XI dan X di Aula SMA UII Banguntapan, Yogyakarta, Selasa (24/04/2018).
Fx. Wahyu Widiantoro, selaku dosen pembimbing menjelaskan bahwa masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa ini akan terjadi suatu fenomena yang dikenal dengan istilah “storm and stress” atau dalam bahasa Indonesia berarti “badai dan topan”. Fenomena tersebut ditandai dengan perubahan yaitu adanya pergolakan yang mempengaruhi tindakannya.
Misalnya saja terjadi perubahaan mood ketika sedang belajar, yang awalnya bersemangat seketika menjadi tidak bergairah”, demikian dijelaskan oleh Irwanto. Oleh karena itu, diperlukan sikap cerdas pada remaja dalam menghadapi dan mengelola stres.
Ibu Purwaningsih, S. Si., selaku Wakil Kepala Kesiswaan di sekolah tersebut membuka acara Psikologi Berbagi dan disambut tepuk tangan meriah oleh para siswa. Berbagai pertanyaan pun diajukan oleh siswa, salah satunya dari Galen. Bagaimana cara menghadapi stres karena tugas yang menumpuk?”. Ia mengalami kesulitan dalam menghadapi permasalahannya tersebut sehingga berakhir dengan tidak mengerjakan tugas tersebut karena malas. Acara pun semakin meriah dengan game psikologi yang diberikan oleh Bella, Ayu, Erlina, Suci dan Ana.



Bersama Siswa SMA UII



Ibu Purwaningsih, S. Si, selaku Wakil Kepala Kesiswaan SMA UII Banguntapan mengharapkan agar kerjasama antara SMA UII Banguntapan dan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dapat terus dilaksanakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Fakultas Psikologi Universitas proklamasi 45 Yogyakarta yang telah mengadakan acara Psikologi Berbagi. Acara ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Semoga kerja sama antara Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan SMA UII Banguntapan ini dapat terus berlanjut, ungkap Ibu Purwaningsih.
Praktik memberikan pembimbingan kepada siswa di SMA yang dikemas dalam acara Psikologi Berbagi diharapkan mampu memberi manfaat kepada mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar serta sebagai media berbagi ilmu kepada masyarakat”, demikian dijelaskan Wahyu.
Acara Psikologi berbagi di SMA UII Banguntapan dapat berjalan dengan sukses karena adanya kekompakan tim mahasiswa yang terdiri dari Ayu, Ana, Bella, Ilham, Hanif, Suci, Irwan, Lemos dan Erlina. Kami merasa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, bahwa melalui kegiatan ini kami belajar mengembangkan kekompakan, kesolidan dan koordinasi yang baik dalam sebuah tim yang sangat berarti dalam sebuah kerjasama.


Tim Psikologi Berbagi

Kami ucapkan terima kasih atas segala dukungan sehingga terlaksananya kegiatan ini. Kepada Bapak Ir. Bambang Irjanto, MBA, selaku Rektor UP45, Ibu Dra. Muslimah Zahro Romas, M.Si., sebagai Dekan Fakultas Psikologi UP45, dan kepada semua pihak yang telah berkenan bekerjasama dengan kami.


0 comments:

Post a Comment