13.4.18

Kliping Artikel ITB Tawarkan Teknologi Lingkungan untuk Merestorasi Sungai Citarum

Nama
:
Ana Istiqomah
NIM
:
163104101126
Judul artikel
:
ITB Tawarkan Teknologi Lingkungan untuk Merestorasi Sungai Citarum
Nama penulis
:
Agus Warsudi
Nama penerbit
:
Sindonews.com
Tanggal terbit
:
21 Januari 2018


Rektor ITB, Kadarsah Suryadi merekomendasikan penggunaan teknologi untuk mengatasi limbah cair dan sampah rumah tangga dalam upaya restorasi Sungai Citarum. ITB memiliki dua mesin pengolah bricket yang dapat mengolah smapah rumah tangga dengan kapasitas maksimal masing-masing 25 kilogram dan 100 kilogram per hari. Mesin ini merupakan hasil riset mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.
            Kemudian untuk pengolahan limbah cair domestik dapat menggunakan Bio-Septik Tank yang sudah diterapkan di kompleks permukiman Dago Pojok. Sedangkan untuk limbah peternakan, dapat diolah dengan teknologi bio-digester yang menghasilkan gas dan dapat digunakan sebagai pengganti gas elpiji.
            Selain pelatihan teknologi produksi untuk reduce, reuse dan recycle sampah, ITB juga mengembangbiakkan bakteri pemakan limbah.
            Kelebihan dari artikel ini ialah dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca dalam mengolah limbah.

            Dari artikel ini kita dapat menyimpulkan bahwa kita dapat mengolah limbah bahkan hingga dapat menghasilkan keuntungan bagi kita, misal saja teknologi bio-digester tersebut. Yang paling esensial dari segala hal yang berkaitan dengan sampah ialah kreativitas dan kemauan kita untuk mengolah sampah sehingga menjadi barang yang lebih berguna. 

0 comments:

Post a Comment