16.4.18

KECEMASAN SEBAGI DORONGAN MENYELESAIKAN MASALAH


                      
                 KECEMASAN SEBAGI DORONGAN MENYELESAIKAN MASALAH
Psikologi abnormal
Asep singgih wijanarko
16.310.410.1158
 
  Kecemasan pasti pernah dirasakan oleh setiap orang bahkan di kehidupan sehari hari. Kecemasan muncul pada waktu-waktu tertentu seperti saat kta akan melakukan ujian, saat ada permasalahan yang belum terselesaiakan ataupun saat kita mau memutuskan hal penting dalam hidup kita.
    Kecemasan/anxieties adalah rasa khawatir, takut yang tidak jelas sebabnya. Kecemasan merupakan kekuatan yang besar untuk menggerakkan tingkah laku baik tingkah laku normal maupun tingkah laku yang menyimpang, yang terganggu dan kedua-duanya merupakan pernyataan, penampilan, penjelmaan, dari pertahanan terhadap kecemasan (Gunarso, 2003: 27).
   Menurut Freud (dalam Alwisol, 2005:28) mengatakan bahwa kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga dapat disiapkan reaksi adaptif yang sesuai. Kecemasan berfungsi sebagai mekanisme yang melindungi ego karena kecemasan memberi sinyal kepada kita bahwa ada bahaya dan kalau tidak dilakukan tindakan yang tepat maka bahaya itu akan meningkat sampai ego dikalahkan.
   Rasa cemas tidak selalu buruk kecemasan juga dapat sebagai proteksi awal dari suatu masalah yang di hadapai individu, kecemasan mendorong individu untuk melawan sumber rasa cemas dengan menyelesaikan masalah yang ada.  pada cemas yang normal, stressor-nya telah dietahui secara jelas. Misalnya jelang ujian atau menghadap atasan karena ada masalah di kantor seseorang merasa cemas namun individu tersebut akan merespon degan tindakan nyata untuk mengurangi rasa cemas tersebut misalnya dengan belajar lebih sering atau mencari soslusi masalah yang di alami di kantor, setelah stresor tidak ada alias masalah bisa terselesaikan, cemas pun tak dialami lagi.
Kecemasan hal yang normal dan sering terjadi di kehidupan sehari-hari namun dan itu hal yang wajar.namun jika kecemasan tersebut di biarkan tanpa ada solusi dalam mengurangi stresor maka akan berdampak buruk bagi individu terebut, seperti stres dan penyakit asam labung dan lain-lain.

Sumber :

Gunarso, Singgih. Psikologi Perawatan, Jakarta: Gunung Mulia, 2003

SemiunOFM, Yustinus. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud, Yogyakarta:                                                     kanisius, 2006

(rdn/up), 2015 .Panik Normal atau Akibat Gangguan Kecemasan, Apa Bedanya? Di kutip dari  https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3036269/panik-normal-atau-akibat-gangguan-kecemasan-apa-bedanya  (15.4.2018. 21:40)

0 comments:

Post a Comment