27.4.18

Dilema pohon perindang di sekitar bangunan cagar budaya


   
  Dilema pohon perindang di sekitar bangunan cagar budaya
Asep singgih wijanarko
16.310.410.1158
Psikologi

Mempunyai (Bangunan Cagar Budaya) BCB memang memiliki kekhasan sendiri tidak hanya sebagai saksi sejarah namun juga bisa menjadi ikon wisata yang dapat menarik wisatwan untuk datang ke suatu daerah tersebut. Namun memiliki BCB juga menimbulkan delema sendiri bagi pengelola dan pemkot apalagi jika persoalan tersebut berkaitan dengan lingkilungan sekitar BCB.
     Sepwrti yang terjadi di ( Daerah Istimewa Yogyakart) DIY , Pohon-pohon perindang di sisi BCB diangab menggangu karna terlampau tinggi dan lebat sehingga menutupi Bangunan Cagar Budaya tersebut.  Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud)  DIY Umar Priyano mengatakan sejauh pohon diarea BCB tidak merusak bagunan bersejarah tersebut maka keberadan pohon tersebut tidak menjadi masalah, tetapi harus di atur pohon tersebut nantinya.  Dalam undang-undang No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya (UU BCB)  yang tidak di perbolehkan adalah kalu ada hal-hal yang merusak bcb tersebut.
"ketika menghadapi fakta yogyakarta harus banyak pohon atau vegetasi, bagi kami tidak masalah , tetapi harus di atur pohonya agar tidak terlalau tinggi dan sebaginya sehingga perlu pengaturan pohon mengingat di tengah iklim yang sulit di tebak dan di duga semisal pohon itu terlalau tinggi dan rapuh maka harus di potong.  Papar umar di Bangsal Kepatihan, senin (23/4).
  Menurut Sekertaris Daerah (sekda) DIY gtot Saptadi ,"saya kiara selama keberadaan pohon perindang tidak atau menimbulkan kerusakan BCB tidak masalah. Katena menebang pohon-pohon di sekitar BCB, saya kira juga bukan solusi yang efektif.  Jafi yang harus dilakukab menjaga keswimbangan di anatara kedua hal tersebut. 
Keberadab Cagar budaya memang sanagat menguntungkan dari segi bisnis wisatawan apalagi jika keberadanya berada di tempat syrategis dan terlihat jelas dan tidak terhalang pepohonan karna dapat menjadi objek berfoto para wisatawan.  Namun menebang pohon di Sekitar BCB juga tidak efektif. Maka pemangkasan pohon atau memindahkan ke tempat lain dan mengganti dengan pohon yang lebih ramping dapat di lakukan agar vegetasi tetap terjaga dan tidak menggangu BCB dan wisatawan yang datang.
Sumber :kedaulatan rakyat
Tanggal : selasa 24 april 2018
Judul: pohon perindang di sekitar BCB sebaiknya diatur agar tidak merusak.
Penulis: (Ira/Ria)-m.

0 comments:

Post a Comment