16.4.18

ARTIKEL PSIKOLOGI ABNORMAL :TINGKATKAN SPIRITUALITAS SEJAK DINI


TINGKATKAN SPIRITUALITAS SEJAK DINI

NAMA         : Chatu  Septiana
NIM             : 16.310.410.1155
FAKULTAS : Psikologi
Sumber : Kedaulatan Rakyat, 16 Maret 2018
           
Anak Usia Dini merupakan anak yang masih panjang masa perkembangan kedepannya maka mereka perlu di beri ilmu tentang ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Seperti dalam agama islam maka anak-anak setiap sore diberikan pembimbingan Taman Pendidikan Al- Qur’an. Yang di dalam nya disertai juga dengan edukasi agara mereka lebih mudah dalam menerapkannya seperti cotohnya adalah mewarnai masjid dengan tujuan agar mereka giat dalam sholat berjamaah.Juga dengan menambahkan percaya diri pada anak maka ada perlombaan membaca AL-Qur’an dengan tarti, Cerda Cermat Agama, Menulis puisi islami.
Anak usia dini adalah anak yang masih sangat tinggi daya ingat nya dan akan semakin baik jika di berikan pembelajaran ilmu agama.Usia yang pada masanya masih butuh perhartian khusus. Perhatian adalah pemusatan/konsentrasi dari seluruh aktifotas individu.
Jadi pada masa ini anak dapat di berikan pemahaman yang sangat bagus tentang beragama. Dengan spiritual yang tinggi maka anak usia dini akan membawa ajaran ini sampai ia dewasa kelak.
Kritik : Jika pendidikan spiritual yang di tanamkan sejak dini di lakukan untuk seluruh PAUD Indonesia maka Indonesia akan menghasilkan generasi yang baik secara spiritual, Namu  tidak menjamin karena generasi zaman gadget bisas jadi kalah dengan gadget dan mereka tidak lagi memperdulikan spiritual.
Saran : Jika dalam dunia keseharian anak-anak akan mencotoh figur orang tuanya maka lebih baik orang tua memberikan contoh nyata dalam perbaikan spiritual yang di ingikan karena anak usia dini akan lebih cepat mengingat dengan contoh yang nyata.

Daftar Pustaka :Prawira,Purwa Atmaja. 2014.Psikologi Umum Dengan Prespektif Baru. Yogyakarta :AR-Ruzz Media.

0 comments:

Post a Comment