24.4.18

artikel : KALI SEMARANG DISULAP JADI AREA PEMANCINGAN UMUM


KALI SEMARANG DISULAP JADI AREA PEMANCINGAN UMUM
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Lingkungan
Pemerintah Kota Semarang menebar 200 kilogram ikan karper serta 10.000 benih ikan karper dan nila di sepanjang Kali Semarang ruas Jalan Dr. Sutomo, Kota Semarang. Penebaran ikan dan benih ikan tersebut merupakan salah satu inovasi untuk menambah daya tarik kawasan Kali Semarang. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melepas seekor ikan karper seberat 5 kilogram di Kali Semarang, Jumat (20/4/2018).
Penebaran ikan di Kali Semarang merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan kali yang telah selesai ditata pada 2017. Penataan kali meliputi pengerukan sedimen kali, peningkatan jalan inspeksi, dan pembangunan taman. Hendrar berharap, penebaran ikan dan benih ikan di Kali Semarang akan menumbuhkan rasa memiliki. Ia mempersilakan masyarakat memanen ikan dari kali. Hasil tangkapan itu bisa diolah menjadi berbagai produk yang dapat dijual sehingga bisa menambah pemasukan masyarakat.
Selain penebaran ikan, panitia peringatan ulang tahun ke-471 Kota Semarang juga menggelar lomba memancing. Peserta memperebutkan ikan karper yang dilepas Hendrar Prihadi.  Peserta yang berhasil memancing ikan itu berhak mendapat hadiah uang tunai Rp 3 juta. Sementara, pemenang kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 2,5 juta dan Rp 2 juta. Lomba memancing semacam itu akan dilakukan setiap Sabtu dan Minggu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kali Semarang.
Kesimpulan : Dengan ada penebaran ikan penduduk disekitar wilayah tersebut jadi mempunyai kegiatan, masyarakat jadi lebih perduli untuk menjaga wilayah tersebut karna adanya rasa memiliki ikan tersebut secara bersama. Terus hasinya dari panennya juga bisa digunakan untuk kebutuhan kampung.
Sumber : Kompas.com, 20 April 2018


0 comments:

Post a Comment