11.4.18

Alfamart siapkan canaker berkompetensi
RR. Erlin Setyati
17.310.410.1173

            Alfamart adalah salah satu jaringan waralaba minimarket modern terkemuka di Indonesia. Lebih kurang 10.000 gerai Alfamart tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dengan jumlah karyawan sekitar 70.000 orang yang melayani para pelanggan setianya.  Sejarah Alfamart diawali pada tahun 1999 di Tangerang, Banten kemudian beralih kepemilikan ke PT Sumber Alfaria pada tahun 2002. Sejak 2003 Alfamart mulai menemukan jalan kesuksesannya di dunia bisnis retail dan mulai menjual skema waralabanya.

Modal yang kuat, manajemen modern dan jaringan yang luas, seringkali keberadaan Alfamart dianggap mematikan kesempatan berusaha para pedagang tradisional dan warung kecil.  Bahkan di beberapa daerah Alfamart dilarang membuka gerainya, di daerah yang Alfamart diijinkan membuka usahanya tetapi harus bermitra dengan koperasi masyarakat lokal.  Keputusan strategis manajemen Alfamart untuk bersikap terbuka dan merangkul para pemangku kepentingan di lingkungan usahanya adalah langkah yang tepat dan bijaksana. Salah satu contoh aktivitas sosial yang mereka lakukan adalah seperti pada artikel di atas “Alfarmart Siapkan Canaker Berkompetensi”.  Alfamart menyadari, untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan punya kompetensi tinggi bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. Dunia usaha swasta bisa mengambil peran penting dalam menyiapkan tenaga kerja yang berpengalaman dan terampil. 

Magang atau bekerja paruh waktu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memberi pengalaman bekerja bagi pelajar atau mahasiswa sebelum mereka masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.  Dalam proses magang atau kerja paruh waktu ini mereka dapat mempraktekkan teori-teori dan konsep-konsep yang diterima di ruang belajar dalam dunia kerja yang sebenarnya. Seringkali teori dan praktek tidak selalu sama, bisa lebih mudah atau sebaliknya malah lebih rumit.  Dengan praktek langsung mereka juga akan mendapat gambaran yang lebih nyata, serta implementasi yang sebenarnya dari teori atau konsep yang sudah dipelajari.

0 comments:

Post a Comment