24.3.18

Psikologi Lingkungan#5


Walikota Bandung Beri Sanksi Terhadap Pelaku Pencemaran Lingkungan
Ningnurani(16.1146)Fak: Psikologi,  UP'45 Yogyakarta


Westburg berpendapat bahwa dalam kepemimpinan mencakup baik sifat-sifat yang ada dalam diri individu( the affective, intellectual, and action traits of the individual)  maupun kondisi dimana individu berada, atau lingkungannya( the specific condition under which the individual operates). Seperti kebijaksanaan yang dilakukan oleh Bapak Ridwan Kamil Bupati Bandung, yang memberikan sanksi tegas terhadap para pelaku pencemaran lingkungan.
  
Perilaku  dan sikap yang dilakukan oleh masyarakat yang tidak peduli serta melakukan pencemaran merupakan perilaku yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Orang tidak dapat mengukur sikap secara langsung, maka yang diukur adalah sikap yang tampak/ perilaku.  Sedangkan perilaku dan Sikap saling berinteraksi dan  mempengaruhi satu sama lain. 

Tetapi sanksi bukan menjadi satu-satunya alat untuk membuat masyarakat jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Alangkah lebih efektifnya,  kalau karakter dan budaya peduli lingkungan, itu dimulai dari diri sendiri, tanpa harus menuntut siapapun untuk membentuk perilaku tersebut. 

Sumber : Sindo News,  9/Feb/2018











0 comments:

Post a Comment