23.3.18

Psikologi Lingkungan # TUGAS 1


Taman Wisata Alam di Kupang, Menjadi Tempat Pembuangan Sampah


Ningnurani ( 16.1146 ), Fak : Psikologi UP'45 Yogyakarta


Bandura mengemukakan bahwa sebuah kepribadian individu dibentuk oleh perilaku, pikiran dan lingkungan. Perbuatan apapun yang kita lakukan terhadap sekitar kita, akan berpengaruh baik secara Fisik maupun Psikis. Seperti yang terjadi di “ TWA, Kupang’’. ( Kompas, 22/3/18 ) adanya kasus  Pembuangan sampah  sembarangan yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Itu merupakan sebuah “ Regulasi  Diri” yang belum tepat. Karena  kemampuan untuk mengontrol diri sendiri, memberi nilai pada diri sendiri, dan memberikan respon yang positif belum di wujudkan oleh oknum-oknum yang melakukan pembuangan sampah sembarangan, sehingga menganggu “Kenyamanan wisatawan dan masyarakat umum yang melintasi jalan negara yang menghubungkan Indonesia-Timor Leste”. Ungkap Sitorus kepada Kompas.com ( 21/2/2018).
Kebiasaan buruk seseorang untuk membuang sampah secara sembarangan tidak lepas karena faktor Internal dan Eksternal. Bandura menyebutkan, jika faktor Internal sebuah regulasi diri itu masih di bagi menjadi Tiga hal. Salah satunya adalah “ Proses Penilaian “ .
Proses penilaian dimaksudkan untuk membantu seseorang dalam mengontrol perilakunya melalui mediasi kognitif. Seseorang tidak hanya mampu untuk menyadari dirinya secara reflektif, akan tetapi juga menilai seberapa berharga tindakan seseorang berdasarkan tujuan yang telah dibuat.

Sumber Referensi :
Feist, Jess, dkk, 2017, Theories of Personality, Salemba Humanika, Jakarta, Hal : 162-164
Kompas, edisi : 22 Februari 2018




0 comments:

Post a Comment