23.3.18

Psikologi Lingkungan# 3

Mundurnya AS Dari Persetujuan Iklim

Ningnurani(16.1146), Fak: Psikologi,  UP 45 Yogyakarta

        Presepsi terhadap perubahan adalah hal yang bisa menjadikan  orang/ kelompok tertentu melakukan hal yang berbanding terbalik dengan apa yang Kita sepakati. Munculnya  ketidak pedulian manusia adalah presepsi/pikiran yang berbeda -beda ketika manusia berhadapan dengan lingkungan.  Seperti halnya yang dilakukan Oleh Presiden AS. Donald Trump hari minggu (11/3/18) atas pengunduran diri Amerika dari persetujuan iklim Paris. 

        Kita tidak pernah tahu kapan datangnya stimulus yang tidak dapat diprediksi itu. Padahal stimulus itu penting untuk membuat perubahan sehingga lingkungan menjadi lebih baik. Masalah peningkatan suhu sedunia adalah isu yang tidak bisa dianggap remeh.  Oleh karenanya sikap dan perilaku manusia terhadap alam, cepat/lambat akan berdampak kepada lingkungan. 

     Alam memiliki keterbatasan dibanding kemampuan manusia untuk mengeksploitasinya. Manusia  memanfaatkan alam guna pemenuhan sumber makanan serta kebutuhan sosial lainnya. Dan disadari  atau tidak, tindakan dapat mengakibatkan kerusakan faktor-faktor ekologis. Oleh sebab itu, manusia harus menyadari bahwa segala tindakan dan perilakunya adalah bagian dari alam dan lingkungan yang saling mempengaruhi. 

Sumber : VOA News, Edisi : 11/03/18





0 komentar:

Posting Komentar