18.3.18

PENGARUH VIDIO GAMES DALAM MASA PERKEMBANGAN


PENGARUH VIDIO GAMES DALAM MASA PERKEMBANGAN
SOBAR HIKMAH
173104101172
PSIKOLOGI UMUM 2

 Vidio games mempunyai pengaruh utama terhadap bagaimana orang menghabiskan waktu senggang mereka,generasi utama video games tidak lebih dari sekedar bentuk geometris yang satu atau lebih bisa dikontrol oleh pemain permainan .Peluncuran Nintendo Entertainment system pada tahun 1980 an dan playstation pada tahun 1990 an dimulailah generasi game,kontribusi terbesar baru-baru ini adalah Model Agresi Umum/GAM-nya Anderson dan Bushman(2002),menjelaskan baik perkembangan agresi maupun dalam perbedaan individu dalam kerentanan terhadap pengaruh video games yang berpengaruh video games yang berbau kekerasan.
       Pembukaan game berbau kekerasan seharusnya mempengarihi proses yang beroprasi dalam GAM,agar bias mengontrol pengaruh-pengaruh kekerasan dalam video games harus memahami pengaruhnya terhadap otak.Seiring perkembangan teknologi baru muncullah perilaku dan situasi kekerasan yang lebih realistis dalam dunia game,istilah video games akan digunakan untuk mendenifisikan multi media interaktif yang didalam pemain game manusia bias berperan sebagai karakter atau pemeran utama.
      Pada akhir 1990 an,sebagian besar kasus pemembakan di SMA disebabkan karena video games yang brutal dan yang paling memilikan adalah pemenbakan diColumbine High School(Colorado,1999).Penenbakan yang memunculkan perhatian bahwa video games brutal mempengaruhi perilaku agresif pada anak-anak dan remaja yang sedang berkembang.Istilah agresi sangatlah umum dan merujuk  mempengaruhi sifat dan perilaku kepribadian.
     Kemajuan penelitian video games sangat membantu trhadap efeknya bagi perkembangan anak,dengan generasi permainan yang datang lebih realistic,lebih brutal,danjuga lebih banyak.Agar bisa mengontrol efeknya pada anak-anak kita harus memahami pengaruhnya terhadap kepribaian dan perilaku,supaya menciptakan permaiman yang membantu mengembangkan pikiran dan menjauhkan kekerasan.
Daftar Pustaka:
Kooijmans,Thomas A.(2014).Pengaruh Vidio Games terhadap Pikiran dan Perilaku Agresif Selama Masa Perkembangan.Yogyakarta:Katahati.

0 komentar:

Posting Komentar