26.3.18

Binatang Peliharaan Untuk Perkembangan Anak


Hampir setiap orang di dunia ini memiliki binatang peliharaan di tempat tinggalnya. Apapun jenisnya hewan peliharaan tidak hanya menjadi sumber kegembiraan
,tetapi juga dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perkembangan Anak. Bahkan terdapat berbagai perbedaan pada pertumbuhan seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang memelihara binatang dan yang tidak. Menurut penelitian yang dilakukan organisasi Delta Society, 90% dari orang yang memelihara binatang, memperlakukan binatang peliharaan mereka seperti bagian dari keluarga sendiri.

Sesuai dengan teori dari Erikson yang menekankan pentingnya interaksi dalam pengembangan kepribadian. Interaksi tersebut dilakukan dengan seseorang atau obyek lainnya yang membuat interaksi menjadi menyenangkan, dalam hal ini interaksi dengan obyek lainnya tersebut bisa jadi adalah dengan binatang peliharaan. Seorang anak yang memelihara binatang akan lebih mudah mengerti perasaan orang lain (empati). Anak akan belajar untuk mengerti perasaan dan kebutuhan binatang yang dipelihara. Diharapkan dengan ini, anak akan lebih mudah berempati pada orang lain di usia dewasa. Binatang peliharaan juga dapat memfasilitasi anak dalam berbagai aspek perkembangan emosional seperti harga diri dan rasa tanggungjawab. Dia akan merasa memiliki sesuatu untuk diurus, dengan begitu akan memberikan rasa tanggung jawab pada anak. Anak juga akan belajar bagaimana cara untuk merasa peduli terhadap hal lain.

Pada umumnya seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang memelihara binatang akan cenderung memiliki rasa ingin tahu dan kemandirian lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh rasa keinginan anak bermain bersama binatang. Selama dalam proses bermain itulah, anak dapat mencapai tingkat kematangan tubuh dan otak dengan lebih baik. Seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang memelihara binatang akan cenderung lebih hangat dalam berinteraksi dengan orang lain.

Mempunyai  hewan peliharaan di rumah adalah keputusan bersama. Ketika kita berkomitmen untuk merawat hewan peliharaan, maka tak ada salahnya membiarkan anak juga turut serta dalam merawat hewan peliharaan. Apalagi jika hewan tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik untuk anak.



Sumber Pustaka:

  1. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press 
  2. https://www.tanyadok.com/anak/pengaruh-binatang-peliharaan-pada-perkembangan-anak
  3. https://www.merdeka.com/gaya/hewan-peliharaan-bisa-pengaruhi-perkembangan-anak.ht

0 comments:

Post a Comment