18.3.18

Manfaat Meditasi

Oleh : Riyanti
NIM : 17.310.410.1163
Psikologi Umum 2


Meditasi merupakan suatu metode yang yang berkembang di wilayah timur,khususnya di Asia yang saat ini mulai diadaptasi untuk metode psikoterapi ataupun terapi psikologis yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Biasanya, metode yang dipergunakan menggunakan metode mindfulness,yang menggambungkan pemfokusan pikiran ke dalam ketenangan dan juga konsentrasi untuk mengabaikan suasana dari luar.
2 tahun silam,saya rutin melakukan meditasi mindfulness,didampingi oleh instruktur saya melakukan setidaknya seminggu sekali. Setiap pertemuan tidak lebih dari 15 menit saya melakukan meditasi, memfokuskan apa yang instruktur katakan. Jika konsentrasi buyar,sesegera menarik nafas panjang dan kembali konsentrasi lagi. Hasil yang saya dapatkan saya lebih bisa berdamai dengan kehidupan ,menerima apa yang terjadi saat itu,belajar tenang menghadapi masalah hidup,dan tentunya badan terasa segar. Saat itu saya imbangi dengan rutinitas kegiatan olahraga yoga.
Berikut manfaat meditasi :
1. Meredakan stress
Salah satu metode terapan dari meditasi,yaitu MBSR atau Mindfulness based stress reduction,meditasi tehnik terapi psikologis yang menggabungkan meditasi untuk meredakan stress.
2. Merubah pola pikir
Tehnik psikoterapi yang menggabungkan meditasi lainnya adalah MBCT atau Mindfulness based cognitive therapy. MBCT menggabungkan proses terapi behaviour. Dengan begitu, MBCT mampu menjaga ketenangan,dan merubah pola pikir.
3. Menghilangkan perilaku buruk
Sama seperti merubah pola pikir,secara otomatis mampu merubah perilaku buruk.
4. Meningkatkan optimisme
Meditasi membantu menenangkan pikiran,sehingga jika pikiran tenang otomatis akan berpikir positif, sehingga kesehatan mental terjaga
5. Meredakan kecemasan
Dengan meditasi,jiwa dan pikiran akan tenang, maka akan berkurang pula kecemasan.
6. Problem solving
Meditasi menjadi sarana dalam menyelesaikan masalah, bukan berati masalah selesai dengan bermeditasi.

Daftar Pustaka
Brahm,Ajahn.(2011).Superpower Mindfulness.Ehipassiko.Medan

0 comments:

Post a Comment