17.3.18

KEPRIBADIAN YANG SEHAT

Apa pengertian kepribadian yang sehat ? apakah setiap individu memiliki kepribadian yang sehat? Bagaimanakah perasaan, pikiran dan perilaku individu yang mempunyai kepribadian yang sehat? Berbagai macam pertanyaan itu sering kali ditanyakan oleh banyak orang. Setelah muncul berbagai macam jawaban, dan di buku-buku yang ada untuk mempermudah menolong diri sendiri,kepercayaan yang terbimbing dan tentang gaya hidup yang baru, seperti jawaban yang memiliki nilai potensial dalam membantu kita untuk memahami diri kita yang lebih baik.

     Beberapa orang besar di Amerika menyelidiki kasus tentang menyingkap diri batiniah dalam sensity sessions dan encounter therapy lainnya seperti, para penjahat, pecandu-pecandu obat bius, mahasiswa,mahasiswa dan guru-guru,  para pekerja, pemimpin-pemimpin perusahaan, orang muda, orang tua,setelah itu ditemukan dalam berbagai pengalaman itu dan potensi dalam kepribadian mereka yang tidak pernah disadari bahwa mereka memilikinya.

     Penelitian tersebut dapat menemukan dan merumuskan suatu kepribadian yang lebih sehat. Jika tekanan tidak begitu banyak pada penyembuhan berbagai konflik yang berhubungan dengan masa kanak-kanak,luka-luka emosional pada masa lalu dibandingkan dengan pelepasan sumber-sumber positif yang tersembunyi dari bakat,kreativitas, energy dan dorongan. Harus focus kearah apa seseorang dapat menjadi bukan kearah apa yang sudah terjadi.

    Konsep kepribadian sehat sangatlah penting, walapun isinya sulit dan menantang ,kompleks banyak hal yang belum diketahui dan kebenaran masih belum sepenuhnya, sudah pasti merupakan suatu mode juga khayalan. Konsep tersebut dapat menggambarkan topic yang mencangkup kepribadian manusia. Menurut para ahli psikologi percaya jika penelitian tentang kepribadian yang sehat akan menjadi hal terpenting dalam ilmu psikologi.

  Menurut Abraham maslow masalah itu dengan jelas” apabila andda dengan sengaja merencanakan untuk menjadi kurang daripada kemampuan anda, maka saya memperingatkan bahwa anda tidak akan berbahagia dalam kehidupan anda selanjutnya.

   Jika untuk mengenal kepribadian yang sehat maka kenalilah diri sendiri kemudian pahami sepenuhnya tentang diri kita sesuai kemampuan kita berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang didapatkan dalam berbagai sumber.

Sumber :


Schultz Duane, “ Psikologi Pertumbuhan”,Model-Model Kepribadian Sehat,hlm 11-16


Reni Suryani
Fakultas Psikologi
173104101169

0 comments:

Post a Comment