18.3.18

Kegiatan Positif Untuk Mahasiswa



Reni Suryani
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
173104101169

       Sebagian besar mahasiswa yang dilakukan saat awal semester biasanya mendapatkan berbagai macam tugas yang membuat mahasiswa  lebih rajin untuk membaca baahkan menulis karena akan mempermudah dalam penyusunan skripsi kelak. Saat ini mahasiswa  fakultas psikologi semester 2 Universitas Proklamasi 45  mendapatkan berbagai tugas yaitu menulis artikel di blogsite psikologi UP45 dengan sumber yang jelas dan bahasa yang sudah disusun oleh setiap mahasiswa. Hari minggu tanggal 18 Maret 2018 mereka berlomba-lomba ,bahkan saling membantu dalam mengerjakan tugas artikel tersebut. Di perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta mereka sibuk mencari buku-buku yang dibutuhkan.

       Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati.Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum. Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan saksama yang dilakukan untuk mengrti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis. Henry,  G. Tarigan (1979). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

       Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif  pada zaman Mesir Kuno.Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5000 tahun lalu. Orang-orang Sumeria (Irak saat ini) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda.Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.

    Kegiatan lain yang kami lakukan setelah tugas selesai adalah liburan sejenak di taman kota jogja sambil menceritakan hal-hal positif tentang kegiatan perkuliahan.  Kami melakukan kegiatan ini untuk menyegarkan pikiran agar tidak mudah bosan bahkan putus asa, tetap berfikir positif, karena suatu saat akan menciptakan tujuan yang baik.

  Ucapan terima kasih kepada Bapak FX. Wahyu Widiantoro., S.Psi.,MA  sebagai dosen pengampu mata kuliah Psikologi Umum II di semester 2

0 comments:

Post a Comment