25.1.18

RESENSI ARTIKEL : Sony Bereksperimen Lewat Striping

Sony Bereksperimen Lewat Striping


Deliana Vicria Nurachyani
153104101096




            Keunggulan daya saing hanyalah bersifat sementara. Bila suatu unit usaha tidak mampu berubah atau menyesuaikan dengan kondisi terkini, maka besar kemungkinan untuk habis ditelan raksasa global.
            Sebagai contoh dalam artikel ini adalah usaha
transportasi berupa taksi. Taksi merupakan satu modal transportasi masyarakat yang menawarka pilihan berkendara yang nyaman dengan tariff yang terukur. Setelah operator mengguakan kendaraan jenis sedan, tumbuh taksi Avanza/Xenia, Alphard, serta taksi Honda Mobilio yang langka.
            Persaingan sengit,invasi dan keberanian perusahaan taksi tentu menjadi hal yang lumrah. Peremajaan armada, pelayanan yang lebih ramah dan pengadaan armada yang eksklusif menjadi jawabannya.
            Selain mobil mewah,ada pula perusahaan taksi yag memilih menghadirkan segmen mobil yang jarang ditemui sebagai armada taksi. Contohnya adalah perusahaan taksi PT Arga Surya Alamperkasa (ASA) Taks yang menghadirkan Honda Mobilio sebagai Armada baru taksinya. Selama ini PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai APM Honda di Tanah Air belum pernah menjual produknya untuk digunakan sebagai taksi. Bisa dibilang, peremajaan yang dilakukan Asa Taksi merupakan torehan sejarah tersendiri untuk Honda, utamanya di Yogyakarta.
            Pemilik Asa Taksi, Stevenson Joel Maubanu mengungkapkan, pihaknya hanya mencoba menawarkan pilihan berbeda kepada masyarakat dan dengan tarif yang sama dengan armada lain. Beliau mengungkapkan berani memberikan lebih karena ingin memberikan yang terbaik, alternative masyarakat. Buat saya, kalau bisa memberikan yang terbaik dari yang baik, kenapa tidak?
            Dari sudut pandang industri pariwista, kehadiran taksi unik di Yogyakarta di sambut baik dan perlu didukung. Namun juga personel yang mengoperasikan taksi diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik terutama dari segi attitude dan untuk perusahaan taksi harus memperhatikan SDM untuk pengperasiannya.


Sumber Tulisan :
Nuugroho,Retno Ari. (2015). Sony Bereksperimen Lewat Striping. Tribun Jogja. 17 April 2015

0 comments:

Post a Comment