13.1.18

Resensi Artikel - PENCEMARAN ANCAM KEHIDUPAN NELAYAN PESISIR

Pencemaran Ancam kehidupan Nelayan Pesisir
Nama               : Yusuf Wardana
NIM                : 163104101130
Judul Artikel   : Pencemaran Ancam Kehidupan Nelayan Pesisir
Sumber            : Kompas
Nama Penulis : (ZAL)
Tanggal Terbit : 10 januari 2018

                 Tercemarnya Teluk Manado, Sulawesi Utara dengan sedimen, sampah plastic, dan logam berat berdampak buruk terhadap kehidupan nelayan pesisir Kota Manado. Volume tangkapan ikan di perairan teluk menurun drastic sehinggga membuat nelayan harus melaut labih jauh dan lama. Pencemaran juga berpotensi berdampak pada kesehatan masayarakat setempat.
                 Hasil tangkapan ikan dari nelayan menurun drastic setiap tahunya. Kondisi ini membuat sekitar 15000 nelayan pesisir kota Manado, dari selatan Pantai Malalayang hingga Tongkaini di sebelah utara Manado rentan rawan pangan. Saat laut berombak besar, banyak nelayan yang hanya makan sehari sekali dalam sehari.
                 Dalam artikel ini penulis menekan kan bagaimana pencemaran di teluk manado mengancam kehidupan para nelayan dan pencemaran yang terjadi sangat serius.
                 Di artikel ini penulis tidak mencantumkan tanggapan dan solusi pemerintah tentang masalah ini. Seharusnya pemerintah harus lebih tanggap dan lebih peka terhadap para nelayan yang mengalami dampak dari pencemaran ini.

0 comments:

Post a Comment