24.1.18

RESENSI ARTIKEL : Memanfaatkan Sampah Jadi Berguna

Memanfaatkan Sampah Jadi Berguna



Deliana Vicria Nurachyani
153104101096

            Barang-barang yang sudah tidak terpakai dan terbuang di tempat sampah bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik. Dengan sentuhan kesabaran dan balutan kreativitas, barang-barang bekas ini dapat dibuat produk baru yang berdaya guna.
            Sebagai contoh Sampoerna Foundation Scholars Club (SFSC) menyelenggarakan lomba kreativitas anak-anak berusia sekolah setiap tiga bulan sekali. Sekolah tersebut salahsatunya adalah di SMP Al-Muttaqin dimana lomba tersebut adlah kreativitasbarang bekas menjadi berguna. Cntohnya,  Gelas plastik kemasan air mineral yang tidak terpakai diberi variasi kain perca dan dus kotak kue sehingga menjadi sebuah tempat buah yang menarik. Bukan haya itu saja kaleng susu kosong yang digunting menjadi cabikan-cabikan kecil selanjutnya potongan-potongan kecil itu dilekuk-lekukkan dan menjadi sebuah hiasan dinding. Serta sebuah rumah cantik yang dirangkai dari sedotan plastic minuman juga sangat menarik.

            SFSC ini  kelak mereka diharapkan mampu menciptakan lahan pekerjaan baru.  Bersamaan  lomba kreativitas ini ,secara berkala, setiap tiga bulan sekali aktivis tersebut menyelenggarakan aktivitas sosial kepada masyarakat. Tujuannya adalam pemberdayaan perekonomian rakyat dalam cakupan industry rumah tangga sehingga membantu masyarakat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kualitas kehidupan warga.


Sumber Tulisan :
Dundu, Pingkan Elita. (2008). Memanfaatkan Sampah Jadi Berguna. Kompas. 16 September 2008

0 comments:

Post a Comment