3.1.18


Yona Sahputri L
16.310.410.1136
Proses pembelajaran pendekatan modelling menurut Albert Bandura
Menurut Bandura terdapat empat proses yang terlibat di dalam pembelajaran melalui pendekatan modeling, yaitu perhatian (attention), pengendapan (retention), reproduksi motorik (reproduction), dan penguatan (motivasi).
1. Perhatian(attention), yang artinya kita memperhatikan seperti apa perilaku atau tindakan – tindakan yang dilakukan oleh prang yang akan ditiru.
2. Pengendapan(retention), dilakukan setelah mengamati perilaku yang akan ditiru dan menyimpan setiap informasi yang didapat dalam ingatan, kemudian mengeluarkan ingatan tersebut saat diperlukan.
3. Reproduksi motorik (reproduction), hal ini dapat menegaskan bahwa kemampuan motorik seseorang juga mempengaruhi untuk dapat memungkinkan seseorang meniru suatu perilaku yang dilihat baik secara keseluruhan atau hanya sebagian.
4. Penguatan(motivation), penguatan ini sangat penting. Karena dapat menentukan seberapa mampu kita nantinya melakukan peniruan tersebut, namun penguatannya dari segi motivasi yang dapat memacu keinginan individu tersebut untuk memenuhi tahapan belajarnya.
Jadi di dalam tumbuh kembang anak, teori ini sangat berguna sebagai bentuk acuan pembelajaran yang tepat untuk anak. Orang tua, guru, atau pihak-pihak lain dapat mengerti tumbuh kembang anak dengan menerapkan teori ini. kita dapat lebih memahami tindakan apa yang pantas atau tidak untuk ditunjukkan kepada anak sebagai bentuk pembelajaran dan pembentukan pola tingkah laku diri. Dalam teori ini kita harus lebih berhati hati dalam berperilaku,  karena secara tidak sadar saat ada anak yang meihat perilaku kita bisa jadi anak itu mulai mengalami proses modelling yaitu perhatian (attention), pengendapan (retention), reproduksi motorik (reproduction), dan penguatan (motivasi) untuk menirukan perilaku yang kita lakukan dihadapan mereka.

Referensi :
(anggimeyliasrs). 2014. Teori Belajar Albert Bandura . https://anggimeyliasrs.wordpress.com/2017/01/07/teori-belajar-albert-bandura/

0 comments:

Post a Comment