1.1.18

Pentingnya Pendampingan Remaja


Oleh Nurul Hidayah
Mata Kuliah Psikologi Klinis
Fakultas Psikologi

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Klinis, kami mengadakan acara Psikologi Berbagi ke dua sekolah. Sekolah yang pertama adalah SMK Diponegoro dan sekolah yang kedua adalah SMA Muhammadiyah 1 Kalasan. Peserta yang hadir mengikuti Psikologi Berbagi mayoritas masih berada di tingkat 1 dan 2 SMA.
Pada acara tersebut kami membawakan tema mengenai Konsep Diri. Kami merasa perlu menyampaikan tema tersebut karena fase remaja merupakan fase yang rawan. Rawan dalam hal ini maksudnya mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang negatif sebab pada fase ini individu cenderung tertarik mencoba hal baru guna menemukan jati dirinya. Sebab itu remaja perlu dibekali arahan untuk bagaimana seharusnya menjadi diri yang positif dan kokoh. Remaja perlu diberi dorongan untuk mencapai pembentukan konsep diri yang positif.
Saya diberi kesempatan untuk menyampaikan materi di SMK Diponegoro, sekolah pertama yang kami kunjungi. Respon peserta yang hadir cukup baik. Pada satu sesi kami meminta beberapa peserta untuk maju, menceritakan tentang diri mereka, menjawab pertanyaan, mengungkapkan kritikan terhadap acara yang berlangsung. Acara berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.

Secara umum saya melihat mereka sebenarnya sangat membutuhkan pendampingan. Mereka perlu diberi dukungan dalam proses pembentukan diri masing-masing. Bahkan diantara peserta ada yang mengatakan bahwa ia merasa butuh diberi motivasi dalam berperilaku. Beberapa nampak terombang-ambing mengikuti arus perkembangan. Jika dibiarkan, kita semua akan kehilangan potensi generasi yang memajukan peradaban. 

0 comments:

Post a Comment