16.1.18

Media Kampus jadi Penghubung



Media Kampus jadi Penghubung.
Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143


Pers kampus memiliki peran strategi untuk menyediakan alternative kepada media arus utama untuk menggali isu local. Era internet dan media sosial pun tidak luput menjadi tantangan yang harus dihadapi agar tetap relevan.
Keberadaan pers kampus justru mutlak dibutuhkan untuk menjadi jembatan bagi riset dan pengabdian kampus untuk menjawab persoalan masyarakat. Lembaga tersebut juha berpeluang untuk memanggungkan isu lokal sekaligus memaknainya.
Berdasarkan riset yang dilakukan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indoneisa sepnajang tahun 2013-2016 atas 64 lembaga pers kampus, sebanyaj 47 lembaga mengatakan pernah mendapatkan kekerasan dalam bentuk intimidasi hingga pembredelan. Dari bentuk intimidasi yang dialami kembaga pers mahasiswa, 11 persen dilakukan oleh pihak kampus sementara 6,4 persen aparat keamanan.
Pada artikel ini menjelaskan tentang pentingnya membangun lembaga pers kampus bagi berkembangnya mahasiswa sebagai pengabdian guna menajwab persoalan yang ada, dengan lembaga tersebut tentunya menjadikan mahasiswa jauh lebih aktif dibandingkan hanya terus menerus diberikan materi pembelajaran pada dalam kelas, pada pada dasarnya mahasiswa di bentuk untuk bisa memainkan perannya pada dunia luar.

Sumber, Kompas 9 Desember 2017

0 comments:

Post a Comment