11.1.18

MEME POLITIK DAN TANTANGAN DEMOKRASI

FATKHUL AZIZ
16.310.410.1141
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 yogyakarta
MEME POLITIK DAN TANTANGAN DEMOKRASI

            Meme politik merupakan ekspresi kritis yang di lakukan publik dalam menyikapi perilaku politik. Meme politik berbeda dengan aksi kritis jalanan yang menelan biaya.  Meme politik dilakukan sebagai upaya untuk mengkritisi secara jenaka tanpa mengekspresikan kebencian yang membabi buta.
Namun semakin lama kebebasan di dunia maya di anggap sangat membahayakan, karena meme politik tidak lagi di anggap sebagai  bagian dari warna – warni demokrasi, melainkan kanker demokrasi. Humor yang mengikat di dalam meme politik tidak lagi dianggap kritik yang halus, melainkan ancaman politik, penyebar kebencian .
Kekurangan :
Pemerintah belum mampu mengatasi arus meme politik di media sosial atau dunia maya karena setiap orang mudah untuk meng upload  asal punya smartphone, beda dengan media cetak karena ada lembaga yang mengawasi apakah layak atau tidak artikel itu di tampilkan.
Kelebihan :
Meme politik sebagai wadah mengejawantahkan kesadaran politik, meme politik sebagai salah satu cara mengekspresikan situasi batin publik terhadap kondisi saat ini dan sebagai sarana untuk mengkritisi pemerintah apabila ada kebijakan yang tidak sesuai.
Kesimpulan :
Meme politik di media sosisl  ada untung ruginya , kalau tidak hati – hati atau cermat bisa memecah belah bangsa  tapi disisi lain pemerintah menjadi hati –hati dan merasa terbantu apabila ada kebijakan yang tidak sesuai .

Sumber : Aminudin, opini kedaulatan rakyat , hari selasa, 14 November 2017, Halaman 12.

0 comments:

Post a Comment