16.1.18

Gunakan Teknologi, Dekati Kaum Muda




Gunakan Teknologi, Dekati Kaum Muda
Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143


Gebernur Daerah Istimewah Yogyakarta membuka Kongres Bahasa jawa VI. Kongres yang digelar lima tahunan ini diharapkan menjadi wahana pengembangan dan pelestarian bahasa dan sastra jawa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi agar dekat dengan masyaraat, khusunya kaum muda.
Kongres yang mengangkat tema Bahasa Jawa Triwikrama ini dimaknai sebagai gerakan reformasi. Karena itu menjadi momen mereformasi bahasa dan sastra Jawa agar tetap lestari dan tidak punah dari kehidupan masyarakat Jawa.
Kongres Bahasa Jawa VI dihadiri sekitar 500 peserta dari kalangan praktisi Budaya Jawa, birokrat, akademisi dan masyarakat pencinta budaya Jawa dari dalam dan luar negeri, termasuk Suriname dan Belanda.
Kemenarikan pada artikel ini, sangat mendukung Bahasa Jawa untuk tetap dipelajari dan dilestarikan sehingga tidak akan terkikis oleh bahasa terbaru yang saat ini merajalela di Indonesia, terlebih bahasa yang digunakan oleh para kaum muda yang bisa saja membuat mereka terlena memperlajari bahasa baru yang disebut dengan kekinian dan melupakan bahasa n=yang ada di negeri sendiri.




Sumber, Kompas 6 Januari 2018

0 comments:

Post a Comment