15.1.18

DIPERCAYA DAN KOMPETEN

DIPERCAYA DAN KOMPETEN
Nama: Nurul Widiastoni
 NIM: 163104101152
FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45 YOGYAKARTA
dibaca normal 1 menit



            Wakil menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mebuka kuliah dengan cerita  putri Nabi Syuaib ketika bertemu dengan Nabi Musa. Arcandra Tahar menyampaikan kuliah umum pada acara dies natalis ke -35 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala di Aceh.

            Dalam kisah itu di sebutkan putri Nabi Syuaib  sedang menuggu giliran  untuk memberikan minum ternaknya. Mereka tidak mau berdesak-desakan dengan laki-laki sehingga selalu mendapat giliran paling terakhir. Singkat cerita Nabi Musa membantu ke dua perempuan itu mengambil air untuk ternak mereka.

            Kedua putri Nabi Syuaib menceritakan perihal itu terhadap ayahnya.mereka merekomendasikan Nabi Musa untuk di perkerjakan di rumahnya. Musa bisa di percaya dan kompeten. Akhirnya Nabi Syuaib menerima Musa jadi pekerjanya.

            Didalam banyak perusahaan  kedua hal ini menjadi syarat utama saat merekrut karyawan baru. Dari semua syarat yang di tetapkan semuanya mengarah pada dua hal ini. Dapat di percaya erat kaitanya dengan akhlak. Adapun kompeten adalah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Komentar artikel:
Artikel sangat pendek sekali sehingga pembahasanya kurang luas. Tetapi artikel ini enak di baca karena ada cerita yang berkaitan dengan masalah. Pesan dari archandra tahar, “ mahasiswa harus membangun mimpi dan mengasah keterampilan sejak kuliah. Mahasiswa harus tanpil di dunia international agar indonesia menjadi bangsa yang kuat dan di hormati. Semoga pesan cerita di atas bisa kita jadikan teladan yang baik.

Sumber : koran Kompas halaman 32


0 comments:

Post a Comment