14.1.18

Demokrasi dan Kesejahteraan


Nama : Yona Sahputri L
NIM : 16.310.410.1136
Judul : Demokrasi dan Kesejahteraan
Sumber : Kompas
Tanggal Terbit : 13 januari 2018
Tunisua kembalu dilanda krisis setelag berhasil melewati Musim Semi Arav 2011 cukup mulus.  Namun, oenyebab krisisnya sama, beban ekonomu mencekik rakyat. Sudah lebih dari 600 demonstran ditangkap. Aparat menangkap 328 demonstran yang tetap fokus pada tuntutanyta, yakni perbaikan kondisi ekonomi.  Demonstransi itu juga disertai oleh perusakan gedung milik pemerintah, termasuk kantor polisi.
Tujuh tahun berlalu dan sembilan pemerintahan telah mencoba memperbaiki kondisi enkonomi Tunisia.  Namun,  ekonomi Tunisia belum juga membaik, apalagi komdisi peristiwa Tunisia terganggu akibat teroris dan investasi luar negeri belum juga banyak yang masuk.  Harga pangan di Tunisua naik 8 perseb setiao tahun sejak 2011, dan inflasi terus naik dalam 18 bulan terkahir.  Di samping itu, kesenjangan sosial juga semakin dalam, pengangguran dan buta huruf terus meningkat,khususnya dikalangan anak muda.
Yang terjadi di Tunisia sekali lagi mengingatkan juta bahwa rakyat tidak bisa diajak bersabar jika urusan perut mereka terganggu.  Bernegara dan berdemokrasi harus berjalan seiring dengan kesejahteraan warganya.

0 comments:

Post a Comment