16.1.18

Bencana Lingkungan Memiskinkan



Bencana Lingkungan Memiskinkan

Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143
 



Kerusakan kawasan pesisir telah memicu bencana lingkungan yang pada akhirnya berdampak terhadap pemiskinan masyarakat korban. Karena pemulihan lingkungan yang terlanjur rusak sangat sulit dan mahal, pembangunan seharusnya sejak awal memperhitungkan daya dukung lingkungan.
Besarnya dampak sosial dan ekonomi yang harus ditanggung masyarakat dari kerusakan kawasan pesisir ini terjadi di Desa Bedono, Timbulsloko, Sriwulan di kecamatan Sayung Kabupaten Dmak, Jawa Tengah. Akibat abrasi pantai, sawah dan tambak di wilayah itu berubah menjadi lautan, bahkan rumah-rumah waga hilamh terendam air laut.
Semua tambak yang terendam akibat abrasi pantai mengakibatkan wagra pun kehilangan mata pencarian utama, akses warga dari satu dukuh ke dukuh lain juga terputus. Banjir rob atau limpasan air laut ke daratan pun semakin parah.
Kepala Subdirektorat Mitigasi Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim Dikrektorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Hendra Yusran Siry mengatakan, dalam tiga tahun terkahir KKP secara intensif berupaya merehabilitasi pesisir yang rusak. Hal ini dilakukan dengan membangunn struktur pengaman pantai sepanjang 47.800 kilometer dengan harapan bisa memulihkan 478 hektar area yang rusak. Meski demikian hal itu baru bisa berkontribusi 8,2 persen pertahun dibandingkan dengan laju kerusakan.
Pada artikel ini, menunjukkan bahwa peran pemerintah sangat sigap dalam menangani masalah ini, meskipun belum sepenuhnya mampu memberikan upaya pemulihan setidaknya ada langkah yang dan tindakan yang dikeluarkan demi menjamin masyarakat tersebut, sehingga memabntu masyarakat dalam menghidupkan kembali perekonomian mereka.


Sumber, 23 Desember 2017

0 comments:

Post a Comment