13.12.17

Sedikit Ilmu Akan Lebih Bermakna Kalau Kita Bisa Menjalarkan kepada Sesama

Sedikit Ilmu Akan Lebih Bermakna Kalau Kita Bisa Menjalarkan kepada Sesama

Mempunyai banyak ilmu tak jaminan bisa berguna atau bermanfaat ilmu tersebut kalau kita tidak bisa berbagi ataupun menularkan ilmu tersebut kepada sesama.Sedikit ilmu akan lebih bermakna dan bermanfaat  jika kita bisa berbagi dan menjalarkan ilmu tersebut kepada sesama.Mungkin ada ilmu yang tidak begitu penting bagi kita, tetapi sangat berguna bagi orang lain.
Seperti yang dilakukan para mahasiswa psikologi semester 3 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta kemarin Rabu (12/12/2017).Mereka berkunjung ke SMA N 1 KOKAP untuk berbagi ilmu dengan siswa/siswi khususnya kelas XII, acara yang bernama “Psikologi Berbagi” itu mengngkat tema “Mengatasi Rasa Malas Untuk Belajar”, alasan memilih tema seperti itu karena peserta yang mengikuti acara tersebut adalah siswa/siswi kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional.Acara tersebut diharapkan dapat  memotivasi siwa/siswi untuk giat belajar sehingga bisa lulus UN dengan nilai yang baik.
Acara tersebut berjalan lancar dan sangat meriah sekali karena tim panitia sangat kretif sekali dalam mengemas acara tersebut sehingga siswa/siswi antusias sekali mengikuti acara tersebut, hal itu terbukti dari awal sampai akhir acara tak ada satupun peserta yang keluar meninggalkan acara tersebut dan mereka aktif sekali dalam setiap acara yang disajikan.selain materi motifasi belajar yang di sampaikan sangat menarik, ada juga permainan dan game-game seru yang membuat siswa/siswi hanyut di dalam suasana yang sangat bahagia sehingga mereka sangat menikmati acara tersebut.Permainan dan game tersebut antara lain yaitu, Senam Otak yang mengajarkan kita konsentrasi dan melatih menyeimbangkan otak kiri dan kanan, ada juga game yang tak kalah seru yaitu, Black Magic yang mengajarkan kita kefokusan dan mengajarkan kita dalam mengambil suatu informasi atau ilmu itu harus ada sumbernya yang jelas sehingga kita tidak mudah tertipu oleh informasi atau ilmu yang ada di depan kita.
Di akhir acara ditutup dengan sambutan dari pihak SMK N 1 KOKAP dan juga penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta kepada SMK N1 KOKAP yang diwakili oleh Ibu Dra Susiyanti selaku bagian kesiswaan yang menggantikan kepala sekolah Drs Agus Nur Khalid.
“Saya sangat senang dan mengapreasi acara seperti ini,karena acara seperti inilah yang dibutuhkan Siswa-siswi SMA N 1 KOKAP yaitu cambukan untuk terus semangat belajar. Saya mengharapkan agar kerjasama SMA N 1 KOKAP dengan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta ini terus terjalin sehingga setiap tahunnya bisa diadakan lagi acara-acara yang sangat luar biasa seperti ini”. Demikian ungkap Ibu Dra Susiyanti selaku bagian kesiswaan SMK N 1 KOKAP.

Kesuksesan dan kelancaran acara “psikologi Berbagi” tersebut  tak lepas dari peran FX. Wahyu Widiantoro., S.Psi, MA sebagai dosen pembinmbing  yang selalu mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam membuat setiap acara sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan di kemas dengan baik dan kreatif.

0 comments:

Post a Comment