31.12.17

psikologi berbagi

Psikologi berbagi        
Asep singgih wijanarko

Proses dari sebuah acara

  Apa yang anda pikirkan saat melihat atau berada di suatu acara yang terselegara dengan begitu baik. Mungkin anda akan berfikir perencanaan acara yang matang, koordinasi panitia yang berjalan baik, persiapan yang baik serta ketua yang bisa mengatur segalanya dengan sempruna.
 Iya mungkin seperti itu, acara apapun memeang perlu sebuah perencanaan serta persiapan yang begitu matang agar acara yang di selenggarakan bisa sesuai harapan.  Banyak yang harus di persiapkan dari hal terkecil seperti surat ijin  hingga hal yang besar seperti koordinasi dengan pihak luar sebagai tempat acara.
  Tahab-tahab itulah yang kita alami saat mengadakan acara Psikologi Berbagi di SMA N 1 KOKAP kulonprogo yogyakarta beberapa waktu lalu. Bagai saya pribadi yang dipercayakan tugas sebagi perlengkapan yang harus mengurusi surat ijin dan keperluan lain agar acara berjalan dengan baik memeng harus berurusan dengan Birokrasi yang ada dan sedikit rumit hehe. Dari harus bolak-balik mengurus perijinan hingga mengantar surat ke Sekolah yang dituju sebagi tempat penyelengaran Psikologi Berbagi di adakan.
 Merepotkan memang namun dengan begitu saya sedikit mengerti sebuahe  proses birokrasi agar sebuah acara bisa terlaksana. kerja keras teman-teman serta dukungan dan arahan dari dosen pembimbing membuat acara tersebut berjalan dengan cukup baik. Namun bagi saya pribadi hal yang paling berkesan adalah proses persiapan dari perencanan, tema dan lain-lain dari acara Psikologi Berbagi teresbutlah yang paling luar biasa.

Mungkin saya akan mengabil kutipan sebuah komik jepang yang saya sukai  serta cukup terkenal yaitu “ONE PIECE” di salah satu chapter disitu di sebutkan “Saat sebuah kru kapal telah kehilanan kepercayaan terhadap kapten kapalnya, maka kapal tersebt tidak akan sampai ketujuan yang di harapkan” maksudnya adalah setiap keru kapal punya tugas masin-masing dan kapten kapallah yang mengkoordinir tugas dari krunya, dari hal terkecil seperti naikan jangkar hingga navigator arah kapal. Sebik-baiknya klompok menyelesaikan tugasnya jika tidak ada kepercaya dan kekompakan serta koordinasi yang baik antar ketua dan anggota klompok tersebut acara itu mungkin tidak akan terselengara dengan baik. Sebuah kapal bisa sampai keytujuannya karna kekompakan krunya.

0 comments:

Post a Comment