3.12.17

PSIKOLOGI BERBAGI KASIH

MAHASISWA PSIKOLOGI ( KLAS B ) ANGKATAN 2016
Ningnurani, Fak : Psikologi '16, UP'45 Yogyakarta
Dalam kehidupan bermasyarakat, kita di tuntut untuk saling peduli dan berinteraksi dengan orang lain. Karena pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Hidup dalam lingkungan sosial diperlukan cinta kasih, saling menghargai dan tolong - menolong. 

Perilaku prososial  merupakan salah satu bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial, sehingga perilaku prososial adalah tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong orang lain tanpa mempedulikan motif - motif si penolong. (Asih & Pratiwi,2010:1)

Kenrick ( 2010 ) mengungkapkan bahwa perilaku prososial merupakan suatu tindakan yang menguntungkan orang lain yang mana hal ini juga berlaku ketika si penolong memiliki tujuan untuk menguntungkan diri sendiri. Kenrickmengemukakan beberapa tujuan dari tindakan prososial, yaitu meningkatkankesejahteraan tiap individu, menaikkan status sosial, mengatur self-image serta mengatur mood dan  emosi.

Kegiatan Psikologi Berbagi Kasih yang kami lakukan tercetus dari niat dan kemauan teman - teman seangkatan fakultas psikologi yang  melihat fenomena bencana kembali  menimpa Yogyakarta dan sekitarnya. Kami para mahasiswa yang menempuh pendidikan di jurusan psikologi, sangat tersentuh  akan hal - hal kemanusian. Dalam prinsip sebagai mahasiswa psikologi,kami  ingin mengimplementasikan  ilmu yang sudah  di dapat selama ini .

Maka kegiatan seperti ini adalah praktek lapangan yang riil dan tujuan dari semua ini yaitu keinginan menjadi lulusan S.Psi dari UP'45 yang tidak hanya pandai teori tetapi juga mempunyai bekal ilmu yang bisa langsung diterapkan.

Sumber tulisan :



Asih &Pratiwi. (2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati



dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi,Volume I, No 1.Kudus: Universitas Muria Kudus.







Kenrick, D. T., Neuberg, S. T., & Cialdini, R. B. (2010). Social Psychology.USA: Person Education, Inc.






Pertemuan pertama membahas langkah - langkah untuk mengumpulkan dana


hari jum'at tgl : 1 nov 17, kami bertemu dengan Bp. Suyadi Ketua Tim FPRB desa Muntuk



















0 comments:

Post a Comment