3.12.17

PSIKOLOGI BERBAGI KASIH # 2

PENYALURAN BANTUAN KE DESA MUNTUK BANTUL DAN DESA TANJUNGSARI GUNUNG KIDUL 


Ningnurani, Fakultas : Psikologi'16 UP'45 Yogyakarta


Jika kita berniat baik, pasti Tuhan akan memberikan jalan. Jadi janganlah takut rugi saat kita memberi kepada orang lain. Tuhan selalu membalas berlipat - lipat dari apa yang sudah kita berikan. Karena tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah. Hari pertama pengumpulan dana, kita memperoleh donasi sebesar Rp. 1.200.000,- dan ada juga donasi bebentuk pakaian, maupun sembako.

Jika kamu memberi dengan tangan kanan, maka jangan sampai tangan kiri kamu tahu. Itulah yang dilakukan oleh semua para donatur yang menyumbangkan bantuannya. Mereka tidak mau disebut nama, maupun besaran nilai yang telah mereka berikan.

Dalam menggalang dana, kami hanya membagikan melalui akun medsos,  kami tidak melakukan dan meminta sumbangan di perempatan dengan membawa kardus. Cara elegan dalam menggalang dana , menghasilkan nilai yang  optimal juga. Walau acara ini bersifat dadakan, tapi dengan kerja keras dan kemauan yang solid dari tim, semua berjalan lancar dan mengahasilkan yang lebih dari ekpetasi kami.

Hari ke- 2 pengumpulan dana, terkumpul uang sebesar Rp. 2.200.000,- dan berbagai logistik yang mencapai sekitar 150 box. Uang tersebut, langsung kami belikan kebutuhan logistik, sabun cuci, obat nyamuk, susu, pembalut, diapers, dan keperluan mandi.

Tanggal 3-desember-2017 pukul 08.30 wib, kami berangkat dari Yogyakarta menuju lokasi pertama yaitu ke desa Muntuk, Dlingo. Sampai di tempat, pukul 10.15 menit. Kami menyalurkan donasi dari para donatur ke pihak ketua FPRB, yang selanjutnya disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Pukul 10.30, kita menuju lokasi yang terkena tanah longsor dan melakukan kerja bhakti bersama - sama dengan warga masyarakat Muntuk. " Kalian mahasiswa yang luar biasa, tidak hanya pencitraan, tetapi mau melakukan dan menjadi relawan membantu kami ". Itulah salah satu ucapan warga kepada kami mahasiswa UP'45.

Kerja bakti berakhir pukul 11. 45, setelah itu kita diajak makan bersama dengan warga. Padahal di lokasi juga banyak komunitas - komunitas lain yang menyalurkan bantuan, bahkan juga ada mahasiswa dari universitas lain. Walau yang kami lakukan tidak bisa lama, karena harus melanjutkan pendistribusian ke lokasi yang ke -2 , akan tetapi kami bangga, bukan materi semata ynag mereka butuhkan, hal - hal kecil seperti yang telah dilakukan oleh mahasiswa fakultas psikologi'16 klas B sangat memberikan kesan dan nilai yang tidak bisa diukur dengan apapun.

Pukul 12.00, kami melanjutkan perjalanan ke desa Tanjungsari, Gunungkidul. Sampai di tempat disambut oleh ketua karang taruna yaitu Bapak Andreas, lalu kita dibawa bertemu dengan Bapak dukuh Tanjungsari. Desa ini sangat memperihatinkan, banyak korban dari kebanjiran yang kehilangan harta benda mereka, bahkan ada salah satu warga yang sampai masuk rumah sakit pasca banjir melanda. Serangan nyamuk yang luar biasa, dan lalat menjadikan lingkungan tidak hygienis.

Desa ini belum tersentuh banyak oleh para donatur, jadi mereka hanya bahu membahu satu sama lain, saling menguatkan, dan bekerjasama dalam memnuhi appaun yang mereka butuhkan. Ada 79 KK didaerah tanjung sari. 

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari acara ini, membangun empati, kepedulian dan cinta kasih terhadap sesama itu tidaklah mudah. Hanya jiwa - jiwa yang punya panggilan dari Tuhan yang mampu melakukannya tanpa pamrih dan penuh ke ihklasan.

Kami mahasiswa UP'45 Fakultas Psikologi, mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Ib. Muslimah Zahro Romas selaku Dekan Up'45
2. Bapak Fx.Wahyu Widiatoro selaku dosen fakultas psikologi
3. Warga masyarakat desa Patuk Sardonoharjo, Ngaglik Sleman
4. Warga masyarakat dusun Pondok Wonolelo
5. Wali murid RA Chairul Fikri
6. TK/KB/TAA Insan Mulia II
7. Himpaudi Sleman, dan
8. Hamba - hamba Allah yang tidak mau disebutkan nama dan identitasnya
Atas partipasi, dukungan , sumbangannya baik secara material maupun moral sehingga acara Psikologi Berbagi Kasih bisa berjalan dengan lancar dan semua bantuan terdonasikan tepat sasaran. Semoga Tuhan membalas amal dan budi baik dari semua pihak yang sudah berkenan mempercayakan bantuannya untuk kami salurakan.
Penyaluran donasi kepada warga Tunjungsari yang diwakili Bapak Dukuh

penyaluran donasi kepada desa Muntuk

Kerja bakti dengan warga desa Muntuk


Berdoa sebelum berangkat menyalurkan bantuan



Belanja barang - barang yang akan di donasikan


0 comments:

Post a Comment