31.12.17

perjuangan yang belum terhenti teori Adller

Asep singgih wijanarko
Psikologi kepribadian 2

PERJUANGAN YANG BELUM TERHENTI
Teori Alfred Alder
Alfred Alder menurtnya individu memulai hidup dengan kelemhan fisik yang mengaktifkan perasan inferior ( rendah diri ), Pearasan yang mengerakan orang untuk menjadi superioritas atau untuk menjadi sukses. Menurut Adler tingkah laku di tentukan oleh pandangaan masa depan,tujuan dan harapan kita. Perasaan inferior , dan ditarik keinginnan menjadi superior, maka orang akan hidup sesempurna mungkin, dan berusaha untuk semakin dekat dengan tujun akhirnya.
 Mungkin itulah teori yang paling cocok untuk megambarkan yang dihadapai penjaga gawang cadangan fc Chapecoense Jackson Follman. Siapa Jackson Follman.?, Jackson Follman adalah salah satu pemain sepak bola yang selamat dari tragesi pesawat jatuh  yang memmbawa 77 penumpang itu jatuh di Cerro Gordo. Follman adalah korban selaat dari 6 yang selammat dari tragedi tersebut satu tahun silam.
   Semestinya hari itu adalah hari dimna ksebelasan fc Chapecoe melakukan pertandingan final kopa devisi kedua americana namun naas pesawat yang mereka tumpangi jatuh da menewaskan 71 orang pemain dan staf serta wartawan fc Chapecoen. Akibat kejadian tersebut kaki kanan Jackson Follman harus di amputasi dan hal paling buruk adalah dia kehilangan teman-temanya. Namun itu sudah satu tahun yang lalu kini Jackson Follman terus melawan keterbatsannya untuk meraih sesuatu yang belum dia selesaikan yaitu Salah satu  keinginannya untuk kembali berkarier sebagai pesepakbola. Ia ingin menjadi bagian dari skuat Brasil pada ajang Paralimpiade (Paralympic) 2020 di Jepang.
   27 Desember lalau Jackson Follman melakukan pertandingan pertamanya dalam ajang pertandingan amal meski harus dengan kaki palsu. Semagat untuk tetap bisa menjadi pemain sepak bola meski dengan keterbatasan serta mental yang belum pulih karna kehilangan rekan-rekannya namun Fullman mapu mengaganti  keterbatasan yang dia miliki sebagi kekeuatan untuk meraih kesuksesannya.
  Menurut Adler kondisi kusus seperti kelemahan,cacat seperti di manja atau di abaikan dapat mengebangkan kommpleks inferiornya (superior complex) artinya keinginan ingin maju dan sukses menekan rasa rendah diri yang dimilikki karna keterbatasannya. Berusaha lah untuk menjadi baik meski dalam keterbatasan.

(Jackson fullman dengan kaki palsu)
DAFTAR PUSTAKA  
Nugraha, S. (2017). melawan keterbatasan ala Jackson Follman. [online],http://www.panditfootball.com/210731/melawan-keterbatasan-ala-jackson-follmann  dikakses pada( 29.12.2017)

2013. allfred alder[online],http://psikologi.net/alfred-adler/ di akses pada( 29.12.2017).

0 comments:

Post a Comment