8.12.17

OPINI: Degradasi Moral Remaja Masa Kini



OPINI: Degradasi Moral Remaja Masa Kini
 
IRWANTO
NIM.163104101125

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
 
            Masa remaja merupakan masa transinsi. Dikatakan masa transisi karena adanya proses perpindahan dari  masa kanak-kanak menuju masa remaja, atau dengan kata lain yaitu proses menuju kedewasaan. Proses yang baik tentu akan menghasilkan perilaku yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

            Melihat dan mencermati moral remaja masa kini sungguh sangat memprihatinkan sekaligus sangat disayangkan. Apabila dicermati lebih lanjut, remaja masa kini telah mengalami degradasi moeral.
Degradsi sering diartikan sebagai kemunduran, kemerosotan, penurunan, (tentang mutu, moral, pangkat). Kata Moral berasal dari kata latin“mos” yang berarti kebiasaan. Moral berasal dari Bahasa Latin yaitu Moralitas adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang mempunyai nilai  positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia, moral adalah ajaran tentang baik buruk yang diterima maupun mengenai perbuatan, sikap, kewajiban.
 Immanuel Kant berpendapat, moralitas adalah hal keyakinan dan sikap bathin dan bukan hal sekedar penyesuain aturan dari luar, entah itu aturan hukum Negara, agama atau adat-istiadat. Selanjutnya dikatakan bahwa, criteria mutu moral seseorang dalah hal kesetiaannya pada hatinya sendiri. Moralitas adalah pelaksanaan kewajiban karena hormat terhadap hukum, sedang hukum itu sendiri tertulis dalam hati manusia. Dengan kata lain, moralitas adalah tekad untukk mengikuti apa yang dalam hati didasari sebagai kewajiban mutlak.
Jadi dapat disimpulkan degradasi moral adalah penurunan tingkah laku manusia akibat tidak mengikuti hati nurani Karena kurangnya kesadaran diri terhadap kewajiban mutlak. Degradasi sering diartikan sebagai penurun suatu kualitas. Moral remaja dari generasi ke generasi telah mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada pergesaran tingkah laku dari yang semestinya.

Degrasi moral remaja masa kini dapat disebabkan karena tidak seimbang perkembangan globalisasi saat ini. Disini kita akan membahas sedikit tentang apa saja akibat yang ditimbulkan oleh pengaruh globalisasi yang menyebabkan pergeseran pergeseran prilaku yang terjadi pada remaja masa kini.
Globalisasi yang menurut kamus besar bahasa indonesia adalah proses masuknya keruang lingkup dunia yag lebih luas dalam kehidupan. Globalisasi berasal dari kata globe atau global yang artinya bola dunia. Globalisasi ini juga diartikan sebuah perubahan social. lobalisasi yang terus menuntut kita untuk bermetamorfosa kadang memang membawa banyak dampak baik. Tapi jangan salah, dampak buruk pun mengikutinya di belakang. Coba sejenak kita amati foto-foto remaja tempo dulu. Kita nilai mereka dari aspek berpakaian. Sebagian besar mereka kelebihan bahan (tertutup). Memang ada satu dua yang memilih pakaian terbuka di era lalu, namun perbandingannya lebih banyak yang mengenakan pakaian tertutup. Kontras dengan kenyataan di abad 20 ini.
Selain itu, perkembangan yang sangat pesat pada komunikasi menjadi salah satu jaringan untuk mempermudah menuju pada pergeseran perilaku remaja, akibatnya remaja mulai tercemar penyakit malas dan pasif terhadap lingkungan sekitarnya, contohnya dilihat dari kehidupan sehari-hari saja di dalam remaja kota apalagi yang tinggal di dalam apartemen mereka sangat individual hanya mementingkan kebutuhan dan urusan masing-masing,dari sinilah kita di didik sebagai diri yang egois. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi telah melampaui kemanusiaan.

0 comments:

Post a Comment