22.12.17

Indahnya Berbagi dengan Sesama

Indahnya Berbagi dengan Sesama
Ahmad Mutamakin

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

       Berbagi dengan sesama laksana cermin; pengaruh kebaikannya memantul untuk pelakunya. Selain pahala yang niscaya diraih, Allah juga selalu menggantinya secara lebih baik, bahkan bertambah-tambah. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasul SAW, "Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan (berbagi) kecuali justru ia bertambah, bertambah, bertambah.” (HR. Tirmidzi). Dalam Hadits lain ditegaskan, berbagi adalah untuk menurunkan karunia Ilahi. Nabi SAW bersabda, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah (berbagi kepada sesama).” (HR. al-Baihaqi)
          Berbagi dengan sesama sejatinya kembali untuk kebaikan kita. Bila kita memahami itu, niscaya akan lahir semangat yang membahana dari dalam jiwa. Dan itulah kenapa para sahabat Rasul SAW senantiasa berlomba-lomba dalam melakukannya.
       Pesona lain yang luar biasa adalah, memberi apa yang kita punya untuk meringankan beban orang lain, akan mengundang pertolongan Allah untuk kita. Nabi SAW menegaskan, “Allah selalu menolong orang, selama orang itu selalu menolong saudaranya (sesama muslim).” (HR. Ahmad). Dalam arti, untuk menolong diri Anda, rajin-rajinlah membantu orang lain. Untuk meraih solusi atas problematika Anda, mari peduli dengan masalah sesama. Karena semakin deras bantuan mengalir pada orang lain, makin deras pula bantuan 
Nah pskiologi berbagi sendiri adalah salah saatu cara kita sebagai mahasiswa untuk berbagi.. berbagi itu tidak berupa dalam bentuk uang atau benda tapi berbagi juga bisa berbentuk ilmu pengetahuan..
Kita tau mahasiswa itu orang yang belajar mandiri dan serba kekurangan dan kalau mai berbagi uang atau benda belum bisa.. bisa sedikit tapi gak maksimal hehehe. Dan sebenarnya bisa berbagi uang walaupun sedikit.. tapi masih perlu di tanya ikhlas tidak padahal dia sendiri masih kekurangan.. 
Cara yang realistis kita lakukan saat ini ya dengan psikologi berbagi yaitu berbagi ilmu.

0 comments:

Post a Comment