24.12.17

IBU & BAYI DAN INSFRASTRUKTUR YANG MAJU



Masih banyak terjadi kematian ibu dan bayinya meski ekonomi dan infrastrukur Indonesia mengalami kemajuan.
Ada 7000 riset tentang kematian ibu dan bayi untuk mencari bukti ilmiah paling relevan dengan situasi sekarang. Masalah kematian ibu dan bayi tergolong kompleks. Meski insfrastruktur dan layanan kesehatan meningkat, ada masalah sumber daya manusia sektor kesehatan, seperti persebaran tenaga medis dan kompetisinya. Di sisi lain, ada masalah sosial yang pelik, seperti kurangnya kesadaran pemerintah daerah untuk membangun sistem kesehatan dan rendahnya pengetahuan masyarakat terkait kesehatan ibu hamil dan bayi.



Posisi sebagai perempuan dinilai lebih rendah daripad laki-laki. itu mengakibatkan, mereka tidak bisa mengakses informasi tentang kesehatan dan mengambil keputusan terkait dirinya.
Salah satu contoh adalah sebagai perempuan kurang asupan gizi karena pangan diprioritaskan bagi anggota keluarga laki-laki. Akibatnya, pembentukan kesehatan jasmani kurang optimal. Begitu juga bagi ibu hamil dan juga tak ada keringanan kerja baginya. Akses ke fasilitas kesehatan juga terhambat karana harus ada izin dari laki-laki dan juga terkendala dengan trasnportasi.

REFERENSI :
KOMPAS, TANGGAL 25 Oktober 2017

0 comments:

Post a Comment