18.12.17

Berbagi Tak Harus Benda

Fahrunisa Yeni Astari
16.310.410.1156



Berbagi??? 

memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita, berbagi juga bisa kepada Tuhan. sesama, alam, dan setiap hal di bumi ini. Tapi biasanya berbagi identik dengan barang dan uang. Dan sebenarnya orang miskin pun bisa berbagi dengan kisah - kisahnya.Namun Universias Proklamasi 45 Yogyakarta Fakultas Psikologi berbeda,disini kami berbagi ilmu yang pernah kami dapatkan. tanpa mengeluarkan biaya yg sangat mahal atau dll.

       Pada hari Selasa, tanggal 12 desember 2017, kami mendatangi SMA N 1 Kokap untuk berbagi ilmu tentang meningkatkan motivasi belajar.Disini kami mengambil tema yang cocok untuk kelas 12 yaitu bersangkut pautkan tentang  ujian nasional agar lulus dengan nilai yang memuaskan.

        Psikologi Berbagi ini diharapkan bisa memberi energi positif kepada masyarakat yang kami datangi,serta memberikan manfaat kepada mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, agar terus belajar berkomunikasi dengan baik dan benar. 

        Hari Selasa, tanggal 12 desember 2017, kamipun disambut dengan senyuman manis siswa - siswi SMA N 1 KOKAP, yang sangat bersemangat sekali mengikuti Psikologi Berbagi yang kami adakan. Pukul 08.30 WIB acara kita mulai dengan bacaan Basmallah bersama - sama.setelah itu saya selaku pembawa acara mengucapkan SMA N 1 KOKAP dan mereka pun menjawab LUAR BIASA dengan sangat antusias sekali.acara selanjutnya adalah sambutan oleh ibu Dra Susiyanti selaku bagian kesiswaan.      .
“Saya sangat senang serta bangga dengan acara ini karena memang acara Psikologi Berbagi ini yang dibutuhkan siswa-siswi SMA N 1 KOKAP agar mereka bisa termotivasi untuk lebih giat belajar. Dan saya mengharapkan agar Universitas 45 Yogyakarta bisa bekerjasama lagi dengan  SMA N 1 KOKAP  terus dilaksanakan setiap tahunnya.”  Demikian sambutan dari Ibu Dra Susiyanti .
Sambutan kedua yaitu Kak Hanif Selaku ketua dari kelompok psikologi berbagi ini.Acara pun kami lanjutkan, kami membagikan kertas bewarna pink,yang harus mereka tulis distu adalah hambatan kesuksessan mereka sendiri.
Acara pun dilanjutkan dengan semangat yang masih full, acara inti pun datang yaitu materi dari kami yang disampaikan oleh kak chatu dan kak yona dengan mengambil judul Maju atau mundur (Maju untuk sukses dan mundur untuk gagal). Tanpa mengulur - ulur waktu mereka pun  menyampaikan dengan semangat juang yang tak padam dikarenaka siswa - siswi SMA N 1 KOKAP memperhatikan ilmu yang kami bagikan tanpa memegang hp, mengobrol dengan temannya, meninggalkan tempat acara dll. Dan melihat siswa - siswi sudah mulai tidak fokus, kami pun mengajak untuk senam otak bersama - sama dengan tujuan untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri.Dan melanjutkan materi lagi dengan fokus.
Setelah materi selesai, kami pun mengajak siswa -siswi bermain game " Up - Normal". Permainan yang sangat sederhana namun membutuhkan konsentrsi yang tinggi.jika salah harus memahami lagi salah memahami lagi, hingga pada akhirnya mereka terbiasa dan berhasil.game pun tak hanya itu, kami juga menampilkan sulap sederhana yang tentu juga melatih konsentrasi dan perlu kejelian yang tinggi hingga sebenarnya sulap yang disampaikan Kak dana itu sangat mudah.
Adapun doorprize yang disediakan oleh panitia dari headset, kabel data, kuota Internet hingga 1 buah handphone. Acara pun satu demi satu terlewati, karna suda mendengarkan serta memahami materi yang kami sampaikan tadi, siswa - siswi pun dipersilahkan menulis kembali solusi dari hambatan yang mereka tulis tadi.
Acara ini pun menurut kami sudah sukses dengan pembagian tugas masing - masing.Serta tak lupa dengang bimbingan dosen terkece kita Bapak Fx. Wahyu Widiantoro., S.Psi,MA 

Disela akhir - akhir acara kita pun bermain boomerang bersama








0 comments:

Post a Comment