18.12.17

BELAJAR DENGAN TERTAWA

BELAJAR DENGAN TERTAWA
Chatu Septiana
16.310.410.1155
Belajar tak harus selalu berada didalam kelas ,namun juga bisa dilakukan diluar kelas,belajar juga tidak harus selalu sepaneng dengan buku tulis dan papan tulis dengan suasana tenang, tetapi bisa dilakukan dengan tertawa dan bermain bersama,agar materi yang akan disampaikan bisa lebih terserap didalam pikiran para siswa dan agar para siswa lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang akan disampaikan.
Pada hari Selasa, tanggal 12 desember 2017, kami mendatangi SMA N 1 Kokap untuk berbagi ilmu tentang meningkatkan motivasi belajar.Disini kami mengambil tema yang cocok untuk kelas 12 yaitu bersangkut pautkan tentang  ujian nasional agar lulus dengan nilai yang memuaskan.

        Psikologi Berbagi ini diharapkan bisa memberi energi positif kepada masyarakat yang kami datangi,serta memberikan manfaat kepada mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, agar terus belajar berkomunikasi dengan baik dan benar. 


        Hari Selasa, tanggal 12 desember 2017, kamipun disambut dengan senyuman manis siswa - siswi SMA N 1 KOKAP, yang sangat bersemangat sekali mengikuti Psikologi Berbagi yang kami adakan. Pukul 08.30 WIB sampai selesai.acara pun dimulai oleh kak yeni sebagai pembawa acara,lalu dilanjutkan dengan sambutan dari pihaksekolah.
“Saya sangat senang serta bangga dengan acara ini karena memang acara Psikologi Berbagi ini yang dibutuhkan siswa-siswi SMA N 1 KOKAP agar mereka bisa termotivasi untuk lebih giat belajar. Dan saya mengharapkan agar Universitas 45 Yogyakarta bisa bekerjasama lagi dengan  SMA N 1 KOKAP  terus dilaksanakan setiap tahunnya.”  Demikian sambutan dari Ibu Dra Susiyanti .
Sambutan kedua yaitu Kak Hanif Selaku ketua dari kelompok psikologi berbagi ini.Acara pun kami lanjutkan, kami membagikan kertas bewarna pink,yang harus mereka tulis distu adalah hambatan kesuksessan mereka sendiri.
Acara pun dilanjutkan dengan semangat yang masih full, acara inti pun datang yaitu pemberian materi dari saya dan kak yona dengan mengambil judul Maju atau mundur (Maju untuk sukses dan mundur untuk gagal). Dengan semangat kami berdua pun menyampaikan materi  dengan diselingi canda tawa agar para siswa tidak bosan saat kami menyampaikan materi,tak disangka ternyata para siswa - siswi SMA N 1 KOKAP sangat antusias dalam memperhatikan ilmu yang kami bagikan tanpa ada yang memegang hp, mengobrol dengan temannya, meninggalkan tempat acara dll. Dan melihat siswa - siswi sudah mulai tidak fokus, kami pun mengajak untuk senam otak bersama - sama dengan tujuan untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri.Dan melanjutkan materi lagi dengan fokus.
Setelah materi selesai, kami pun mengajak siswa -siswi bermain game " Up - Normal". Permainan yang sangat sederhana namun membutuhkan konsentrsi yang tinggi.jika salah harus memahami lagi salah memahami lagi,terlihat jelas raut bahagia dari para siswa-siswi SMA N 1 Kokap dalam permainan ini.eitss!!!sehabis permainan ini masih ada lagi sulap dari kak dana ,sulap yang dipertunjukan kak dana disinibertujuan untuk melatih konsentrasi para siswa,
Kami dari pihak panitia tak lupa menyediakan doorprize yang berupa headset, kabel data, kuota Internet hingga 1 buah handphone. Acara pun satu demi satu terlewati, karna sudah mendengarkan serta memahami materi yang kami sampaikan tadi, siswa - siswi pun dipersilahkan menulis kembali solusi dari hambatan yang mereka tulis tadi.
Acara ini pun menurut kami sudah sukses dengan pembagian tugas masing - masing.Serta tak lupa dengang bimbingan dosen kita Bapak Fx. Wahyu Widiantoro., S.Psi,MA 


0 komentar:

Posting Komentar