13.12.17

Artikel Psikologi Berbagi: Mau Berprestasi? Ayo Tingkatkan Motivasi dan Kenali Potensi Diri

MAU BERPRESTASI?
AYO TINGKATKAN MOTIVASI DAN KENALI POTENSI DIRI



“Aku sepertinya nggak bisa deh”, kalimat seperti ini seringkali terbesit dalam pikiran orang. Rasa pesimisme, tidak percaya diri dan meragukan kemampuan diri seperti ini terjadi karena individu kurang mengenali potensi diri dan kurangnya motivasi. Hal ini akan sangat berpengaruh pada pencapaian yang diraih oleh individu.
Salah satu sumber mengatakan bahwa budaya belajar para siswa sekarang ini sangat rendah, kebanyakan mereka belajar hanya bila akan diadakan ujian dan itu pun memakai SKS (Sistem Kebut Semalam). “Sekarang ini siswa pada ndak mau belajar, sukanya SKS, tapi kalau dapat nilai jelek protes. Apa ndak mumet gurunya?”, ujar salah satu guru di SMK N 1 Panjatan. Kurangnya motivasi serta kurangnya mengenali potensi diri merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perilaku para siswa tersebut. Oleh karena itu kami mencoba membantu para siswa SMK Negeri 1 Panjatan untuk mengenali potensi diri dan meningkatkan motivasi dalam bentuk pendampingan dengan mengangkat tema “Motivasi Berprestasi”.
Pendampingan ini selain bertujuan untuk membantu para siswa dalam meningkatkan motivasi dan mengenali potensi diri agar menjadi pribadi yang lebih berprestasi, juga untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi kami, para mahasiswa.
”Praktik memberikan pembimbingan kepada siswa di SMA yang di kemas dalam acara Psikologi Berbagi diharapkan mampu memberi manfaat kepada mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar serta sebagai media berbagi ilmu kepada masyarakat”, demikian dijelaskan Fx. Wahyu Widiantoro selaku Dosen pembimbing dalam kegiatan tersebut.
Acara yang diikuti oleh 29 siswa kelas X Farmasi ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Desember 2017 di SMK Negeri 1 Panjatan dengan dibuka oleh pihak sekolah, yakni Ibu Tri Anjani, S. Pd.. Selanjutnya acara diisi oleh para narasumber, yakni Ana Istiqomah dan Meissy Bella Sari sebagai pemateri dan pengisi games. Materi yang kami berikan antara lain adalah tips-tips mengenali potensi diri, cara meningkatkan motivasi dan mengajak untuk memberi kesempatan pada diri sendiri untuk menunjukkan bahwa kita bisa. Tujuan dari diberikannya materi ini adalah untuk mengajak para siswa untuk lebih mengenali diri sendiri dan potensi yang dimiliki. Dengan mengetahui potensi diri, para siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan senantiasa meng-upgrade diri sehingga menjadi pribadi yang lebih berprestasi.
Sedangkan games yang kami berikan bertujuan agar para siswa tidak bosan serta untuk melatih kejelian mereka dalam menghadapi sesuatu dan melatih konsentrasi mereka. Keceriaan mereka sangat jelas terlihat dalam sesi tebak gambar. Mereka berlomba untuk maju ke depan menjawab pertanyaan yang diberikan dan beradu argumen saat mendapatkan soal yang sulit.
Selama jalannya acara mereka tampak antusias menyimak dan beberapa ada yang bertanya dan sharing. Salah satunya adalah Mira, ia mengungkapkan bahwa dirinya seringkali merasa down saat menghadapi tantangan, ia juga mengatakan bahwa dengan diberikannya materi ini membuat ia lebih bersemangat dan termotivasi.
Guru BK SMK N 1 Panjatan, Ibu Tri Anjani, S. Pd., mengharapkan agar kerjasama antara SMK Negeri 1 Panjatan dengan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dapat terus dilaksanakan. “Terima kasih atas kepercayaannya pada sekolah kami dan kami berharap semoga kerjasama ini dapat terus dilakukan”, demikian ungkap Ibu Tri Anjani selaku guru BK SMK N 1 Panjatan.  
Acara Psikologi Berbagi di SMK N 1 Panjatan ini mampu berjalan sukses karena adanya kekompakan tim mahasiswa yang terdiri dari Ana Istiqomah, Meissy Bella Sari, Nur Roy Tri Rahayu dan Suci Indah Permata Sari. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi di depan publik dan menjalin kerjasama. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

0 comments:

Post a Comment