16.12.17

ARTI BELAJAR SATU HARI

ARTI BELAJAR SATU HARI
WAHYU RELISA NINGRUM

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA


Tidak terasa rangkaian road show goes to school yang bertajuk Psikologi Berbagi sudah selesai dilaksanakan. Empat sekolah tujuan telah berhasil dilaksanakan oleh mahasiswa psikologi semester lima UP45 ini dengan lancar dan sesuai harapan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan melalui acara ini. Sesuatu diluar ekspektasi saya sebagai mahasiswa psikologi.  Saya tidak hanya belajar teori di ruang kuliah yang monoton melainkan belajar menjadi pendamping siswa dalam sehari di sekolah.
Sambutan yang hangat dari siswa siswi SMA Muhammadiyah Kalasan mampu memberikan energi positif untuk berbagi sedikit ilmu yang kami dapat dibangku perkuliahan. Siswa siswi dengan sukarela membantu kami dalam menyiapkan segala perlengkapan yang kami butuhkan. Acarapun dibuka dengan sambutan dari Ibu Sri Nurul HMP, S.T selaku pendamping siswa pada acara tersebut. Beliau menyambut baik acara psikologi berbagi UP45 Yogyakarta, semoga siswa siswi di SMA Muhammadiyah Kalasan lebih termotivasi untuk selalu belajar dan semoga acara yang serupa dapat diadakan kembali di sekolah tersebut, jelasnya. 


Team yang kompak dan solid selalu menghiasi perjalanan kami dalam mendampingi siswa. Materi yang disampaikan Triyono di hari Kamis (14/12/2017) mampu memecahkan keheningan pagi hari di SMA Muhammadiyah Kalasan. Pemutaran video berdurasi lima menit semakin menambah rasa penasaran siswa akan materi yang disampaikan. Tak mau ketinggalan husna sebagai MC sangat piawai mengemas acara dan berhasil menarik pandangan siswa siswi untuk mengikuti rangkaian kegiatan hingga akhir. 
     Sesi ice breaking yang dipandu nurul juga tidak kalah menariknya, pemberian games tentang mencari tahu kepribadian menarik antusiasme siswa dalam mengikutinya. Manfaat yang diperoleh siswa ialah mereka menjadi tahu kelemahan dan kelebihan mereka, sehingga dapat membetuk knsep diri yang positif pada diri siswa. Sesi tanya jawab, pemberian doorprise yang dipandu all panitia berhasil menyempurnakan acara pada hari itu. 


    Walaupun dengan sedikit terbata-bata Abdul, salah satu siswa SMA Muhammadiyah Kalasan berani untuk sharing tentang acara dan hasil test kepribadian yang ia kerjakan. Hasil yang dijelaskan kurang lebih sesuai dengan kenyataan, saya menjadi mengetahui bagaimana kekurangan saya sehingga dapat saya kurangi, tuturnya.
   Waktu satu hari memberikan mahasiswa banyak manfaat. Mulai dari bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, kerjasama, keberanian tampil di depan umum, negosiasi yang baik, koordinasi team, membuat publikasi yang menarik, dan mengemas acara dengan apik. Terima kasih kepada Bapak Fx. Wahyu Widiantoro atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk selalu mengasah kemampuan dalam berbagai hal yang nantinya menjadi modal dalam mempersiapkan persaingan di dunia kerja. 

0 comments:

Post a Comment