16.11.17

UPT PANTI WRESHA BUDHI DHARMA MERAWAT PARA LANSIA TERLANTAR

RESENSI ARTIKEL :

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

UPT PANTI WRESHA BUDHI DHARMA
MERAWAT PARA LANSIA TERLANTAR

            Di Yogyakarta lansia kerap ditemui yang terpaksa hidup di jalanan. Mereka berpindah hidup di dari satu tempat ke tempat lain. Tiada keluarga maupun sanak saudara yang merawat. Pemerintahan Kota (Pemkot) Yogyakarta pun membina mereka dan di rawat di Panti Wredha Budhi Dharma yang nerupakan satu-satunya yang dimiliki pemerintah daerah DIY . Jumlah lansia yang dirawat sebanyak 57 orang, terdiri atas 18 laki-laki dan 39 perempuan. Para lansia yang dirawat berusahan antara 60 hingga 88 tahun.
Pelatihan ketrampilan
            Selain mendapatkan jaminan kebutuhan pokok, namun juga mendapatkan layanan spriritual,ketrampilan dan kesehatan. Selain itu para lansia juga memperoleh uang saku dri pemkot Yogyakarta. Uang sakku ini hanya untuk memberikan rasa nyaman bagi mereka.
Butuh pendampingan psikologi
            Sekitar 40 persen lebih lansia di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta mengalami kepikunan. Jumlah ini akan terus bertambah seiring pertambahan usia para lansia ini.  Oleh sebab itu dibutuhkan pedampingan psikologi dan berdasarkan latar belakang para lansia memberikan pengaruh besar pada perilaku lansia di dalam panti, perilaku tersebut seperti susah diatur maunya seenaknya sendiri karena sebelumnya hidupnya bebas. Ini kadang membuat permasalahan sendiri di dalam panti.
Kritikan dalam artikel ini :
            Bahwa pemerintah DIY sudah memberikan perhatian kepada para lansia yang terlantar dengan adanya sarana di Panti Wredha Budhi Dharma lebih di tingkatkan dalam hal pemantauan di jalanan yang lainnya, karena masih banyak lansia yg di luar sana yang terlantar. Setelah di dalam panti dan di berikan pelatihan di harapkan para lansia juga di berikan permodalan untuk membuka usaha kecil-kecilan agar ketrampilan yang sudah didapatkan bisa tersalurkan.
Sumber:

Yulianingsih. (2016). upt panti wresha budhi dharma merawat para lansia terlantar. Republika. 23 Februari

0 comments:

Post a Comment