7.11.17

Resume Artikel Berkibar Lewat "Rinjani Kopi"

Nama & NIM             : Ana Istiqomah (163104101126)
Judul Artikel              : Berkibar Lewat “Rinjani Kopi”
Nama Penulis           : Khaerul Anwar
Nama Penerbit          : Koran Kompas
Tanggal Terbit           : 01 November 2017



Nurwardaini, bukan seorang ahli kopi, tidak pula rutin minum kopi. Namun, ia sukses menjadi pengusaha kopi. Racikan kopi dengan berbagai varian rasa yang ia buat menjadi buruan wisatawan asing yang melancong ke Lombok.
Nurwardani belajar meracik kopi ini secara otodidak. Dengan bermodal tekad dan kemauan, akhirnya ia mampu membuat berbagai varian rasa dari biji kopi. Produk yang ia buat juga pernah menerima penolakan, akan tetapi hal itulah yang membuat ia bertekad mendirikan toko sendiri untuk memasarkan hasil racikannya tersebut.
Dalam menjalankan bisnisnya, Nurwardani diabantu oleh dua orang karyawannya. Ia juga menularkan kemampuan bisnisnya kepada mereka agar kelak mereka dapat membuka usahanya sendiri. Beberapa hal yang ia ajarkan kepada mereka adalah semangat pantang menyerah, kerja keras, dan sikap jujur dalam berbisnis. Isi kemasan misalnya, tidak boleh kurang.

Dari artikel ini dapat kita ambil pelajaran bahwa semangat pantang menyerah dan bekerja keras akan selalu berbuah manis. Kerja keras tak pernah mengkhianati hasil. Kejujuran adalah prinsip yang penting dalam segala kegiatan, sehingga akan memberikan manfaat dan barakah untuk kita.

0 comments:

Post a Comment