5.11.17

RESENSI ARTIKEL PRESIDEN PEREMPUAN PERTAMA SINGAPURA



ASEP SINGGIH WIJANARKO
PSIKOLOGI UP 45
DOSEN :ARUNDA SHINTA

PEMIPIN PEREMPUAN PERTAMA SINGAPURA

   Singapura dalam 47 tahun terakhir akan memiliki presiden perempuan pertama dalam sejarah bangsa itu yang berasal dari etnis melayu , Halimah Binti Yacob (63) di pastikan menjadi calon tunggal  untuk jabatan presiden ,setelah empat kandidat  pesaingnya gagal mendapatkan  certifikat of Elygibility (sertifikat kelayakan) dari komisi pemilihan presiden ke -8 singapura menggantikan presiden Tony Tan  keng (77).
    Setelahh di pastikan menjadi calon tunggal dan iotomatis menjacalon presiden singapura warga singapura protes atas pemilihan , Halimah Binti Yacobyang menjadi calon satu-satunya presiden singapura tersebut. warga memprotes karena merasa prsiden yang terpilih dan calon tunggal teersebut bukan atas pilihan mereka sendiri melainkan dipilihkan oleh komisi pemilihan singapura. Perlu di ketahui untuk mencalonkan diri menjadi persiden singa pura perlu beberapasyarat yang harus terpenuhi seperti telah berpengalaman di bidang politik selama minimal 2 thn. Dan halimah yancob telah berpengalaman di bidang politik dan pernah menjabat sebagi ketua parlemen singapura dan akhirnya menhgundurkan diri untuk mrncalonkan diri sebaagi bakal presiden singapura.
  “saya hanya bisa mengatakan bahwa saya berjanji untuk melakukan terbaik yang bisa saya lakukan untuk melayani masyarakat singapura” jawab   Halimah Binti Yacob saat di Tanya tentang penolakan sekelompok masyarakat singapura. Perjalanann haliamah menjadi tokoh punblik cukup terjal, haliamh terlahir sebagai anak bungsu di keluarga miskin. Halimah menjadi yatim saat ayahnya meniggal tahun 1962. Untuk menyambug hidup halimah berjualan nasi padang dengan grobak dorong di kawasan shenton way.dia bertugas sebagi pencuci piring dan melayani pembeli.
   Perjalanan karir halimah yacob menjadi tokoh public dan bakal presiden singapura tidak mudah dan penuh perjuanggan .kini halimah yacob telah terpuilih sebagi presiden singapura perempuan pertama Negara itu dan semoga mapmpu menjadi pemimpin yang adil bagi rakyat singpura.

Kelebihan artikel.
Penulis menceritakan dengan baik perjalanan krir dan hidup halimah yacob dari ia kecil hingga menjadi bakal calon presiden perempuan pertama singapura . penulis juga mampu menyampaikan semangat kesamaan gender di bidang poliik ke pada pembaca sehingga pembaca terutama pembaca perempuan untuk tidak takut terjun ke bidang yang dianggap maskulin .


Kekeurangan artikel.
Artikel ini Cuma menceritakan biodata halimah yacob dantidak terlalu menhjelaskan suasana politik    di singpura sehingga pembaca tidak tau klafikasi dan syarat mencalonkan diri sebagi persiden singapura. Penulis juga tidak menjelaskan kenapa pesaing hlimah yncob tidak lolos seleksi komisi pemilihann presiden singapura.
Sumber artikel; kedaulatan rakyat hal 1dan 7 september 2017
Judul   :halimah ycob di lantik hari ini.penjual nasi padang jadi presiden singapura
Penulis : (AP/Bro)-f
Di resensi oleh : asep singgih wijanarko
                           16.310.410 1158
                           Psikologi up 45 yogyakarta

0 comments:

Post a Comment