23.11.17

PSIKOLOGI BERBAGI # BERSAMA SISWA XII-A SMK PERINDUSTRIAN


HIDUP ADALAH BELAJAR

Ningnurani ( 1146 ), Fak : Psikologi' 16, Universitas Proklamasi '45 Yogyakarta



Hidup, menurut KBBI adalah  masih terus ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya (tentang manusia, binatang, tumbuhan, dan sebagainya). Sedangkan, belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai sikap, dan perubahan itu bersifat secara relative konstans dan membekas.( Wingkel : 1989 )


Untuk mengembangkan rasa percaya diri, dan guna mengasah kemapuan, serta memahami seberapa jauh ilmu yang sudah di dapat serta bisa diterapkan di lingkungan luar kampus, kami mahasiswi/mahasiswa Up'45 Yogyakarta, Fakultas : Psikologi, angkatan 2016, kelompok 1, yang terdiri dari : Ningnurani, Irwanto, Fakhtul Aziz, Nurul Widiastoni mengadakan acara " Psikologi berbagi " kepada siswa - siswi kelas XII- A,  SMK Perindustrian Yogyakarta yang beralamat dijalan Kalisahak, no: 26.

Acara ini kami laksanakan sebagai pemenuhan salah satu tugas mata kuliah psikologi kepribadian II, yang diampu oleh Bp. Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi, M.A. Menurut kami, tugas yang diberikan, semakin cepat kita laksanakan akan semakin meringankan tugas kita. Karena,  kelompok kami menginginkan nilai yang memuaskan dan hal ini juga  bisa membuktikan, jika kami yang notabene kelas karyawan mampu bersaing seperti mahasiswa reguler dan mahasiswa lain yang lebih muda, dan yang lebih banyak punya waktu. 

Meskipun kami bekerja, senantiasa tugas yang diberikan bukan menjadi suatu halangan bagi kami untuk menyelesaikannya. Selama bisa membagi waktu, mendahulukan prioritas yang utama dan adanya motivasi kuat  dari diri sendiri dan kelompok, tidak akan ada satu alasan apapun agar kami untuk menunda - nunda pekerjaan.

Psikologi berbagi yang kami lakukan, dimulai pada pukul 12.30 - 14.15 wib, yang dihadiri oleh 19 murid kelas XII-A. Saat pelaksanaan acara tersebut, antusias para murid terlihat dengan banyaknya pertanyaan - pertanyaan yang terlontar dari mereka. Semua mengikuti acara dari awal hingga akhir tanpa ada kegaduhan. Fokus, kooperatif, dan menyenangkan, itulah kesan yang kami dapat. Hal ini terbukti dengan adanya game, serta ice breaking yang kami berikan, diikuti dengan antusias. Tugas kami bagi sesuai kemampuan masing - masing. Sehingga terjadi kekompakkan, kesolidan dalam tim untuk menjadikan acara ini berjalan sesuai harapan.

Beberapa siswa menyatakan bahwa " acara motivasi seperti ini sangat bagus, karena bisa menambah wawasan tentang apa dan bagaimana kedepannya kami harus melangkah". Serta, mereka bisa memahami materi yang kami sampaikan dan menyerapnya dengan bagus. Salah satu contohnya seperti yang diungkapkan murid bernama Faktul " jika motivasi dan belajar itu ada dua hal yang mempengaruhinya, yaitu faktor dari dalam diri dan lingkungan ". 

Memberikan motivasi seperti acara ini, sangat berpengaruh bagi kami, karena disinilah kemampuan dan semua usaha kami terbayar dengan nyata dan memuaskan. Satu pelajaran penting yang bisa diambil adalah " Selalu motivasi diri, punya kemauan yang kuat, dan bekerjalah dengan kompak untuk mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan".


Sumber : hasil pemberian motivasi psikologi berbagi, SMK Perindustrian, tanggal 23 nov 2017
                Wingkel.W.S, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: PT. Gramedia, 1989), hal. 36.


Perkenalan



Pemberian materi motivasi


Ice breaking  
Kesimpulan yang didapat siswa
Pengisian angket
Menonton video motivasi
Pemberian bingkisan untuk kelompok siswa yang aktif
Penyerahan plakat ucapan terimakasih kepada pihak SMK Perindustrian
Foto bersama dengan siswa - siswi SMK Perindustrian kelas XII-A

0 comments:

Post a Comment